Laporan: Darmawan

Pasangayu,50detik.com- Bupati Kabupaten Pasangkayu Dr. Ir. H. Agus Ambo Djiwa, MP melaporkan perkembangan menangani virus corona atau covid-19 serta perkembangan situasi terkini soal pasien Orang Dalam Pantauan (ODP).

Hal tersebut disampaikan Bupati Agus Ambo Djiwa melalui teleconference bersama Gubernur Propinsi Sulawesi Barat Ali Baal Masdar diruang Pola Kantor Bupati, Senin (06/04/2020) siang sekitar Pukul 14.10 – Pukul 15.30 Wita

Menurut Agus, berdasarkan data perkembangan hari ini, 186 ODP dan sudah selesai 73 orang. Sementara 1 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum (RSU) Regional Mamuju.

Pihaknya  menjelaskan, kebanyakan ODP adalah mahasiswa yang kuliah di luar kota. Sehingga dirinya berharap agar mahasiswa di luar kota tidak pulang ke Daerah. “Saya berharap agar Mahasiswa yang masih diluar Daerah agar tidak pulang ke Pasangkayu dan Pemerintah siap membiayai hidupnya selama diluar daerah,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan bahwa saat ini pemerintah  berupaya mencari dana untuk bantuan sembako yang peruntukannya kepada 36 ribu jiwa Masyarakatnya dengan kalkulasi mencapai 1,8 milyar perbulannya.

“Bantuan Sembako ini sementara masih dicari sumber-sumber Dananya. Dan kami akan berupaya untuk mencari sumber dana sebagai antisipasi bila wabah ini berlarut-larut hingga 6 bulan kedepannya,” jelasnya.

Agus Ambo Djiwa juga menjelaskan tentang penanganan tim medis dimana telah disiapkan Anggaran sebesar 10,3 milyar.”Anggaran ini sudah tersedia dan semoga di Sulbar ini kita bisa atasi penyebaran covid-19,” Tutupnya

Dalam teleconference itu, bupati agus didampimgi Sekda Pasangkayu Dr.Firman, Kadis Kominfopers Suri Fitriah, S.Sos.M.Si, Kepala Bapeda Dr.Abidin, Kepala BPBD Mulyadi Halim, M.Si dan Kepala BPKAD Imran Makmur, S.Pi.M.Si,.