POSO . 50detik.com – Kelelahan bekerja siang malam dari satuan kerja ( Satker) pemerintah daerah kabupaten poso.
Di nakhodai langsung bupati Poso, dr. Verna GM Inkiriwang dan wakilnya M. Yasin Mangun. S.Sos Kini terbayar sudah.

Pada hari Kamis, (21/5) 2021. Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia ( BPK – RI) perwakilan Sulawesi Tengah. Menyatakan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan telah di lakukan BPK – RI terhadap sistim dan tata pengelolaan keuangan daerah.

Maka Kabupaten Poso berhak mendapat penghargaan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP) Tahun 2021.

Hasil penilaian menggembirakan bagi pemerintah dan masyarakat Poso ini, di sampaikan langsung oleh Slamet Riyadi sebagai kepala BPK – RI Perwakilan sulawesi tengah, di Palu.

Saat kegiatan, bupati poso di dampingi langsung ketua tim penyusun LKPD, bersama ketua DPRD kabupaten Poso, Sesi KD Mapeda. SH. MH.

Menurut Kepala Bagian ( Kabag) Humas kabupaten Poso, I Wayan Susanto. Bahwa dalam sambutanya. Bupati menyampaikan apresiasi kepada BPK – RI perwakilan sulawesi tengah yang sudah memberi pertimbangan dan saran untuk perbaikan organisasi pemerintahan dan tata kelola keuangan sehingga kedepan bisa di peroleh sistim organisasi pemerintahan lebih baik ( Good Governance).

 

Kemudian pada penyelenggaraan tata kelola keuangan. Pemerintah kabupaten poso tetap berusaha untuk mematuhi kinerja keuangan yang memenuhi Standar Akutansi Pemerintahan ( SAP).

” Kami berterima kasih dan memberi apresiasi kepada BPK – RI perwakilan Sulteng. Atas atensinya selama ini memberi pertimbangan dan saran kepada kami dan seluruh jajaran OPD agar selalu tunduk pada sistim pemerintahan yang baik (Good Governance).

” Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami dan seluruh jajaran pemerintah daerah untuk bekerja lebih giat guna pencapaian cita – cita kami membangun tanah Poso, yang baik dan bersih ( Clear and Clean). Ujar bupati Verna GM Inkiriwang dalam sambutanya. Kamis, ( 21/5) 2021.

Di ketahui bahwa untuk memperoleh gelar WTP bukanlah hal yang mudah bagi setiap daerah di Indonesia.

Khusus sulawesi tengah. Saat ini ada 14 entitas dari tingkat provinsi, kabupaten/ kota yang berusaha mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat tersebut melalui hasil audit di lakukan BPK – RI.

” Baru dua daerah yang di nyatakan lolos dan mendapat peringkat WTP dari seleksi auditor BPK – RI saat ini. Daerah yang mendapatkan, adalah Kabupaten Poso, dan kabupaten Sigi.

“Prestasi lain di sematkan kepada pemda poso adalah sebagai daerah tercepat menyampaikan LKPD kepada BPK – RI, ” Terang Kabag Humas I Wayan Susanto, kepada media ini.

Untuk di ketahui.prestasi predikat WTP bagi kabupaten Poso pertama kali  disabet pada masa pemerintahan ( Almarhum) Drs. Piet Inkiriwang. MM Tahun 2013. Kini ditahun 2021 penghargaan tertinggi bagi prestasi pengelolaan organisasi pemerintahan dan kemampuan menata penggunaan APBD sehingga berdampak lebih besar manfaat di peroleh daripada biaya di keluarkan, dilanjutkan kembali  bupati Verna GM Inkiriwang (Putri Almarhum Piet Inkiriwang) dan Yasin Mangun.

Pemerintahan dua pejabat muda usia ini masih tergolong seumur jagung bila kita hitung dari masa mereka di lantik pada 26 Februari lalu.

Tetepi semangat dr. Verna maupun Yasin Mangun dengan dukungan penuh dari semua perangkat daerah, adalah modal besar dan kekuatan yang kita yakini bahwa jabatan yang rakyat Poso telah sematkan di pundak mereka akan menjadi matahari perubahan bagi daerah ini kedepan.

” Secara pribadi saya dan pak Yasin Mangun tetap memohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Poso untuk kita bangun secara bersama – sama daerah ini agar secara bertahap kita dapat meraih cita – cita untuk kabupaten poso yang sejahtera, maju, berintegritas dan tangguh sampai 2025,” kata bupati Verna menyampaikan harapa.* Fer