Mamuju, 50detik.com – Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Peduli tak hanya membangun masjid darurat, tetapi turut mendirikan tempat buang hajat alias MCK di salah satu gang pengungsian di Dusun Seram, Desa Taan, Kecamatan Tappalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

“Hingga saat ini kita telah membangun 10 unit rumah ibadah masjid darurat dilokasi pengungsian. Dan Alhamdulillah, satu titik di Dusun Seram telah selesai. Bukan hanya membangun masjid darurat, tetapi warga di pengungsian ini juga dibuatkan MCK dan penyiapan pompa air bersih,” kata Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) BKPRMI Sulbar, Suardi di Mamuju, Jum’at, 5/2/2021.

Suardi mengatakan, pembangunan rumah ibadah masjid darurat menjadi target sasaran program BKPRMI. Apalagi, kondisi bangunan rumah ibadah masjid kini rata-rata rusak berat akibat terguncang gempa bumi berkekuatan 6, 2 SR pada 15 Januari 2021.

“Sebagian besar warga masih bertahan di gang pengungsian. Itu bisa dimaklumi karena rasa was-was terhadap bencana masih terbayang peristiwa memilukan itu,” katanya.

Hal yang patut disyukuri kata dia, relawan BKPRMI bersama warga pengungsi di Dusun Seram bisa melaksanakan ibadah shalat Jum’at di masjid darurat yang kita bangun.

“Masyarakat yang terdampak gempa bumi sedang diuji kesabarannya oleh Allah SWT. Peristiwa ini tentu ada khidmat yang dapat kita petik. Paling tidak, kita harus meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT,” ujar Suardi.***

Penulis Acho Antara