Laporan: Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com- Sebanyak 65 Personil Polres Mamuju Utara Kabupaten Pasangakayu diturunkan untuk mengawal dan mengamankan jalanya aksi damai oleh Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Sarudu (AMPLS) di Perusahaan  PT. Awana Sawit Lestari (ASL) di Dusun Kuma, Desa Sarudu, Kecamatan Sarudu Kabupaten Pasangkayu.

Gerakan aksi protes itu, dilakukan lantaran masyarakat di sekitar PT.ASL merasa resah dengan bau limbah yang diduga disebabkan perusahaan sawit. Olehnya, masyarakat bersama pemuda yang bergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Sarudu menyatakan prostes kepada perusahaan tersebut.

Dalam aksi ini, itu massa membawa spanduk bertuliskan “Siraturahmi Damai, Stop Pencemaran Mari Bersama Menuju Kaualitas Lingkungan yang Lebih Baik”. Aksi Siratuhrahmi Damai itu mengambil titik star dari Pasar Sempo Kecamatan Sarudu Bergerak menuju PT. ASL yang diduga menjadi penyebab bau tak sedap itu.

Aksi siraturahmi damai itu di koordinatori Somat melakukan long march menuju ASL dengan membawa alat peraga Aksi berupa Bendera, Spanduk dan Soundsistem serta Petaka.

Gerakan aksi itu dilakukan masyarakat itu akibat dampak yang ditimbulkan bau tak sedap yang diduga bersumber ASL.  Dimana aksi ini bertujuan untuk menyampaikan aspirasi terkait keluhan masyarakat atas bau limbah yang telah meresahkan masyarakat Sarudu.

Adapun tuntutan aksi yakni, memintah ASL melibatkan masyarakat dalam pembahasan limba serta penjelasan tempat penampungan limbah dan penjelasan dampak lingkungan hidup tentang rencana dibuatnya pembakaran janjang kosong.

Selain itu, massa aksi juga menuntut, untuk melakukan pembenahan terhadap parit dan selokan masyarakat dan memintah untuk mengatasi persoalan bau busuk, dengan melakukan penanganan dini dan memberi jaminan kepada para petani tambak bahwa tidak ada pencemaran limbah.

Terkait hal itu, Manager PT. ASL, Suroso langsung menemui massa aksi yang tergabung dalam AMPLS dan menyampaikan bantahannya tuntutan yang disuarakakan massa aksi. Salah satunya tututan pencemaran limbah. Meski membatah, dirinya juga tetap akan terus melakukan upaya perbaikan termasuk tuntutan yang disampaikan massa akasi. Sebab diketahu PT. ASL ini baru berjalan enam bulan sehingga terus melakukan perbaikan.

Bahkan dirinya juga akan berkoordinasi dengan pihak Lingkungan Hidup dan Perijinan untuk melaksanakan tatap muka dengan Masyarakat Sarudu yang merasa resah terkait Limbah ASL.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Mamuju Utara AKP Iswan Mulyanto yang didampingi oleh Kapolsek Sarudu Akp Yohanis SH mengatakan, Kita berterima kasih kepada masyarakat yang terlibat atau ikut serta dalam aksi damai AMPLS yang telah melaksanakan aksinya dengan tertib.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here