Menyisir Seabrek Prestasi dr. Verna Meraih Simpati Pemerintah Pusat

Laporan: Ferdinand Puahadi

Poso.50detik.com – dr. Verna GM Inkiriwang (VGMI) adalah sosok perempuan tangguh, dan figur wanita pertama yang Berhasil menjabat dalam posisi kepala daerah (Bupati) di Sulawesi Tengah.

Bila kita menyimak sejumlah gebrakan di lakukanya dalam kurun waktu Tiga Tahun lebih sedikit memegang puncak pimpinan sebagai bupati kabupaten Poso, sejak 2020 sampai saat ini.

Banyak pihak yang berkesimpulan. Bahwa perempuan kuat peraih beberapa penghargaan dari kementerian pusat itu.

Telah membuktikan dirinya, sebagai sosok yang layak di sebut The Best Women ( perempuan terbaik) selama mengayomi pemerintahan di daerah bergelar Sintuwu Maroso ini.

Tahap demi tahap ide cemerlangnya, telah banyak merubah nasib masyarakat yang selama ini terisolir dari komunikasi digital, tetapi sekarang dengan mudahnya mereka mengakses jaringan telepon seluler, sampai pada daerah terpencil sekalipun.

Hal itu terjadi setelah gebrakan bupati Poso dr. Verna, yang telah berhasil mendapat kepercayaan dengan pemberian bantuan cuma-cuma puluhan tower BTS ( Base Transceiver Station) dari kementerian Komunikasi dan Informasi Kominfo di Jakarta.

Tower BTS itu sendiri, merupakan perangkat stasion pemancar dan penerima telepon seluler untuk melayani suatu wilayah sesuai cakupannya (Cell Coverage).

Terobosan bupati Poso tersebut, telah melepaskan beberapa daerah. Selama ini tidak bisa berkomunikasi secara digital. Tetapi saat ini dengan mudahnya masyarakat mengakses jaringan serta berhubungan dengan kerabat atau handai taulan di manapun mereka berada.

Ini hanya salah satu hasil kerja perempuan telah di karuniai dua anak, hasil pernikahannya dengan Roy Kaloh suaminya.

Dan hal lain adalah program Bunga Desa atau (bupati berkantor di Desa) adalah juga program yang baru terjadi pertama kali di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kegiatan itu telah merubah nasib masyarakat Poso selama ini harus merogoh biaya tidak sedikit hanya untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) atau kebutuhan lain.

Berkat Bunga Desa semua itu telah teratasi setelah kehadiran langsung pemerintah melayani secara langsung pada setiap wilayah.

Pemerintahan anak dari mantan Bupati Poso, Piet Inkiriwang (Almarhum).

Dari rentang waktu masa jabatanya, belum mencapai Lima Tahun.

Tetapi sejumlah terobosan yang dilakukan. Harus di akui bahwa ide dan pikiran dr. Verna. telah banyak merubah nasib rakyat Poso, teristimewa yang berdomisili di pedesaan.

Prestasi demi prestasi itu pula yang membawa Runner up Putri Indonesia ini.
Menghantarkan dirinya memperoleh penghargaan dari pemerintah pusat.

Dan pemerintah Poso sendiri sempat beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai daerah dengan predikat daerah yang memiliki tata kelola pemerintahan terbaik, bahkan pada bidang keuangan, kabupaten Poso sempat meraih Penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Pusat, Perwakilan Sulawesi Tengah.

Menulis rangkaian prestasi kabupaten Poso di bawa kendali bupati yang membawa motto Poso Tangguh ini.

Akhirnya menyadarkan banyak pihak, bahwa perempuan sekarang tidak bisa lagi di pandang sebelah mata. Karena kemampuan mereka sudah sebanding bahkan bisa melebihi insting kaum pria ketika di beri kepercayaan memimpin daerahnya.

Pos terkait