Laporan: Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com- Guna mengaktifkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Dinas Pemberdaaan Masyarakat Desa (PMD) bekerja sama Lembaga Kajian dan Pengembangan Desa (LKPD) mengelar pelatihan pengelolaan dan pengembangan BUMDES.

Bertempat di salah satu Hotel di dalam Kota Pasangkayu, senin kemarin telah dibuka  pelatihan pengelolahan dan pengembangan BUMDES. Kegiatan itu, dihadiri ratusan  pengurus BUMDES dan beberapa Kepala Desa serta Kepala Dinas PMD Pasangkayu dan pemeteri dari Kementerian dan lainnya. pelatihan budnes ini sendiri ditutup pada Sabtu, 13 Juli 2019.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Pasangkayu dalam hal ini diwakili Asistem 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Makmur dalam sambutannya mengatakan, melalui pelatihan BUMDES ini, pihannya optimis 59 BUMDES yang ada di desa se-kabupaten pasangkayu bisa bangit dan aktif dalam menjalankan usahanya di desa-desa yang tentunya pemerintah desa harus memberikan dukungan guna melancarkan usaha BUMDES di desa-desa.

Sementara itu, Budiman Jaya Ashari selaku pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan ini akan berlagsung selama empat hari yang di buka sejak tanggal 8 sampai dengan 13 juli 2019. dimana dalam kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan  pengurus BUMSES di desa-desa bisa memiliki jiwa kewira usahaan sehingga BUMDES yang ada  di desa-desa di kabupaten ini  bisa aktif dalam menjalankan usahanya kedepan.

Sebab, Budiman direktur LKPD menilai, sejak pemerintah programkan BUMDES ini belum berjalan dengan baik sesui dengan harapan.  Olehnya, dengan kegiatan pelatihan BUMDES diharapkan BUMDES berjalan dengan baik.

Kegiatan pelatihan yang diikuti ratusan perserta dari pengurus BUMDES ini diharapkan bisa aktif setelah mengikuti kegiatan pelatiahan tersebut. Karena dipelatihan ini sejumlah materi tetang kewira usahaan yang berkaitan dengan BUMDES semua diberikan dalam kegiatan ini oleh beberapa pemeateri baik dari Kementerian, Balai Pelatihan  Makassar, Komisi Dagang dan Praktisi BUMDES

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here