Laporan : Mulyadi T Bua

Bandung50detik.com-Edukasi dan Media Gathering yang diselenggarakan oleh JOB Tomori kembali digelar di Four Points Hotel Bandung, Selama tiga hari sejak 4 sampai dengan 7 November 2020.

Dikesempatan itu, ketua PWI Perwakilan Banggai Iskandar Djiada dalam sambutannya saat ceremonial open, menyampaikan apresiasi kepada JOB Tomori yang telah memfasilitasi para jurnalis di Kabupaten Banggai untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pewarta.

“Kami para wartawan, memberikan apresiasi kepada JOB Tomori yang diketahui, banyak memberikan dukungan kepada stakeholder utamanya para wartawan. Hal itu dilihat dari beberapa kali memberi Suport ataupun dukungan untuk memajukan dunia jurnalisme di Kabupaten Banggai. Semisal Uji Kompentensi Wartawan dimana manajemen JOB Tomori telah dua kali ikut berpatisipasi dalam kegiatan itu,” paparnya.

Tak berlebihan jika apresiasi yang besar dialamatkan kepada JOB Tomori yang masuk dalam pengawasan SKK Migas Kalimantan Sulawesi tersebut.

Sementara Manajer Relation and Land Matters Sektion Head JOB Tomori, Ruru Rudianto, mengatakan, di era digital saat ini, keterbukaan informasi semakin luas. Sehingga peran media massa sedikit terganggu. Ini merupakan suatu ‘ancaman’ bagi pegiat media massa konvensional maupun online.

“Media sosial menjadi sarana publikasi yang paling umum dan dianggap efektif untuk menyampaikan informasi seperti Facebook, Instragram maupun Vidio YouTube. Sehingga menjadi tantangan bagi wartawan dan pengelola media massa,” ujar Ruru.

Lantas bagaimana strategi media konvensional atau cetak diera digital saat ini kata Ruru. Sebenarnya pengiat media cetak dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat saat ini dengan mengembangkan usaha pada media digital.

Bahkan media cetak dan digital bisa berjalan bersamaan dalam mengembangkan usaha. Keduanya bisa saling melengkapi dalam hal informasi yang disajikan kepada masyarakat.

“Yang terpenting adalah keduanya sama-sama harus menyajikan konten yang menarik,” saran Ruru.***