Laporan Suleman Dj. Latantu

ToliToli.50Detik.Com.Karena dinilai dapat menjaga dan mempertahankan kerukunan ummat beragama di Kabupaten Tolitoli, Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya menerima piagam penghargaan dari Kementerian Agama yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Drs.Hi. Ulyas Taha, M.Pd.

Piagam penghargaan itu diserahkan pada acara silaturahmi Kakanwil Kemenag dengan jajaran Pemerintah Daerah, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Tolitoli pada Senin pagi (15/11) di Aula Wisma Daerah Balre Tau Dako Lipu Tolitoli.

Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya dalam sambutannya mengatakan secara umum penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Tolitoli mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, hingga tingkat Desa dan Kelurahan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini tentu saja tidak lepas dari semakin kondusifnya situasi dan kondisi keamanan yang tercipta atas kerjasama yang baik seluruh jajaran aparatur pemerintah daerah, jajaran TNI dan Polri, penegak hukum, tokoh agama dan elemen masyarakat lainnya di Kabupaten Tolitoli dalam menjaga dan memelihara perdamaian di daerah ini. Bupati mengatakan suatu kehormatan dapat menerima penghargaan dari Kemenag Sulteng.

Hal ini akan menjadi motivasi tidak hanya bagi jajaran Kementerian Agama Tolitoli, tetapi juga seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli.
Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Drs H.Ulyas Taha, M.Pd dalam arahannya mengatakan Kementrian Agama, bukan hanya milik satu agama tetapi semua agama yang ada di Nusantara ini.

Kemenag milik semua agama dan memfasilitasi Semua agama. Selain itu Kakanwil Kemenag juga menngingatkan kepada tokoh Agama agar dapat menjaga kerukunan antar umat beragama dan persatuan bangsa, karena masyarakat kita ini mempunyai latar belakang yang berbeda-beda sehingga perlu menjadi perhatian tokoh agama terkait pemahaman tentang agamanya, sebab dangkalnya pemahaman tentang agama akan memicu munculnya tindakan radikal.
Kakanwil meminta agar jajaran Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli harus terus menjalin komunikasi yang intens dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati selaku Kepala Daerah, karena rakyat Bupati adalah ummat Kementerian Agama ujar Kakanwil.

Reporter : *SARNI HASAN*
Foto : *IRFAN BADARUDDIN*
(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)