Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Banyak cara unik masyarakat untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa ini. Mulai dari lomba tradisional sampai pengibaran bendera di tempat-tempat yang tak biasa.

Paling sakral dalam momen kemerdekaan adalah upacara pengibaran bendera merah putih.

Proses pengibaran bendera merah putih di dasar laut (foto : screenshot akun fb Abdillah)

Tempat dan cara mengibarkan bendera merah putih saat peringatan HUT Kemerdekaan RI juga berbeda-beda, di permukiman warga, di puncak gunung, sampai di dasar laut.

Sesaat sebelum prosesi pengibaran bendera yang dilakoni tiga pegiat fotografi di Luwuk. (Foto : Screenshot akun fb Abdillah)

Seperti tiga orang penghobi foto dan vidiografi Abdillah, Acho dan Arlon. Untuk memperingati HUT RI ke 76 mereka mengibarkan bendera merah putih di kedalaman laut sekira 10 meter diperairan Luwuk (Kilolima) (14/8/2021).

Menurut Abdillah sebagai kreator kegiatan itu mengatakan, konsep kegiatan tersebut sebenarnya dadakan tapi hasilnya sangat memuaskan.

“Kami diskusikan konsep kegiatannya pada malam hari, setelah menyiapkan property paginya kami langsung action,” ujar Abdillah.

Selain menyalurkan hobi foto dan vidiografer , kegiatan itu pula untuk memupuk jiwa nasionalisme. Serta menjadikan motivasi kepada generasi muda untuk lebih kreatif.

“Sebenarnya kami ingin menggelar kegiatan yang tidak sesederhana itu. Namun karena adanya PPKM, akhirnya meski sederhana namun itu wujud nasionalisme kami,” tandas Abdillah.**