Tiga Sosok Figur Berpeluang Diusul Sebagai Penjabat Bupati Buol

Foto : Ilustrasi

 

LAPORAN : SULEMAN DJ. LATANTU

Buol,50Detik.Com. Tarik menarik issu putra daerah dan non putra daerah jelang pengisian Penjabat Bupati Buol tahun 2022, pasca H.Amirudin Rauf – H.Abdulah Batalipu makin seru. Ada tiga nama figur yang saat ini menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ( Eselon II) yang dinilai layak dan memenuhi syarat untuk menduduki jabatan tersebut

DR.Rohani Mastura,M.Si

Salah seorang diantaranya, DR.Rohani Mastura,M.Si yang saat ini menduduki jabatan sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra di Pemprov Sulteng. Sosok figur non putra daerah ini dinilai berpeluang besar, menyusul jauh sebelum namanya sudah diyakini oleh sebagian masyarakat Buol bakal mendapat kepercayaan dari Gubernur Sulteng H.Rusdy Mastura. Keyakinan itu muncul karena selain yang bersangkutan memiliki kemampuan manajerial di bidang pemerintahan serta pengalaman yang cukup, juga secara pribadi, sosok yang satu ini masih memiliki hubungan pertalian keluarga dengan H.Rusdy Mastura. Sejak Menyusul sosok perempuan yang satu ini juga sering kali mendapat kepercayaan mewakili Gubernur Sulteng dalam setiap moment kegiatan penting yang seharusnya dihadiri Gubernur, baik di lingkungan Pemprov Sulteng maupun Daerah Kabupaten lainnya.

DR.Hj.Luciana Is.Baculu,SE.MM

Namun sisi lainnya, keberadaan DR Rohani juga masih dibayang bayangi DR.Luciana Is.Baculu,SE.MM yang merupakan sosok perempuan kelahiran Buol 12 Juli 1967. Karena DR Luciana yang saat ini menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Tinggi sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dan Kesra di Pemda Buol, juga disebut sebut punya peluang yang sama. Menyusul selain memiliki kemampuan SDM yang mumpuni dan pengalaman kerja di birokrasi pemerintahan, juga istri mantan Bupati Buol H.Amran Batalipu ini memiliki pengalaman politik bahkan pernah ikut konsestasi Pemilihan sebagai calon wakil Gubernur Sulteng berpasangan dengan Drs H. Aminudin Ponulele kala itu. Dan ditambah selama 1 periode mendapingi suaminya H.Amran Batalipu saat menjabat sebagai Bupati Buol dan kepemimpinan suaminya kala itu dinilai sukses.

DR. Drs Adidjoyo Dauda,M.Si

Demikian halnya, DR.Drs.Adidjoyo Dauda,M.Si yang saat ini menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama sebagai Kepala Badan Pengembangan SDM di lingkungan Pemprov Sulteng juga salah seorang putra daerah juga disebut sebut memiliki peluang yang sama. Bahkan selain memiliki prestasi dan pengalaman kerja di birokrasi juga sosok yang satu ini juga pernah dipercayakan sebagai Penjabat Bupati Toli Toli masa pemerintahan Gubernur Sulteng Drs.H. Longki Djanggola,M.Si.

Menurut sejumlah kalangan tertentu, di Kabupaten Buol, salah satu dari ketiga sosok tersebut dinilai sangat pantas dan layak dipertimbangkan untuk direkomendasikan oleh Gubernur Sulteng H.Rusdy Mastura sebagai penjabat Bupati Buol.

Pos terkait