Laporan : Mulyadi T Bua

Baturube50detik.com-Kepedulian dalam pencegahan dan penanganan wabah Coronavirus Disease tahun 2019 (Covid-19) dari perusahaan hulu minyak dan gas bumi dibawah pengawasan SKK Migas. Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) kini kembali menyalurkan bantuan Alat Kesehatan (Alkes) kepada Pemerintah Kabupaten Morowali Utara.

Sebelumnya diketahui perusahaan ini juga telah membagikan Alkes kepada Pemerintah Kabupaten Banggai, beberapa waktu lalu.
Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah, sebagai bagian dari tanggung jawab kemanusiaan perusahaan terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasi.

“Sekalipun sampai saat ini aktivitas produksi minyak bumi di Blok Tiaka dihentikan sementara sejak tahun 2015.
Namun management JOB Tomori tetap berinisiatif untuk ikut bersama-sama dengan Pemda Morut menanggulangi wabah covid-19 disana, dengan memberikan bantuan alat kesehatan dan peralatan lainnya yang sangat dibutuhkan masyarakat,” ujar External & Government Relation Supervisor JOB Tomori, Nurhasan Najamudin, saat pendistribusian bantuan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Mamosalato dan Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara, Kamis (30/4/2020).

Sebelum memberikan bantuan jelas Achan, tim Humas dan Tim ComDev JOB Tomori telah melakukan upaya koordinasi dengan plt Bupati Morut dan tim Gugus Tugas tentang prioritas kebutuhan apa saja yang benar-benar mendesak dan diperlukan saat ini.
Sehingganya management JOB Tomori berharap bantuan yang disalurkan tersebut benar-benar tepat guna, tepat sasaran dan memiliki nilai manfaat bagi masyarakat umum khususnya di dua wilayah kecamatan (Kecamatan Mamosalato & Kecamatan Bungku Utara).

Kepala Puskesmas Pandauke Kecamatan Mamosalato Agus Susanto, S.Kep dan Kepala Puskesmas Baturube Kecamatan Bungku Utara Assidik Dg Malureng, Amd.Kep, menyampaikan rasa terimakasih mereka yang mendalam kepada JOB Tomori. Karena sejak pemerintah menetapkan Kabupaten Morowali Utara sebagai area merah penyebaran virus corona, membuat mereka merasa sangat khawatir, karena belum adanya kesiapan Alat Pelindung Diri (APD) yang dikhususkan bagi tenaga medis untuk menangani pasien Covid-19.
“Semoga bantuan JOB Tomori bernilai pahala berlipat ganda dan mendapat berkah karena di salurkan bertepatan di bulan suci Ramadhan,” seru mereka.

Sementara itu, plt Bupati Morut, Mohamad Asrar Abdul Samad, juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada management JOB Tomori, karena tetap peduli kepada masyarakat Morowali Utara.
Dengan bantuan kebutuhan alat kesehatan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat.
“Atas nama Pemerintah Daerah Morowali Utara, saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada JOB Tomori atas kepeduliannya untuk bersama-sama pemerintah Morut menanggulangi wabah virus yang mematikan ini, semoga bernilai ibadah dan berharap kedepannya agar kerjasama yang telah terbina ini, terus di tingkatkan demi kemaslahatan masyarakat,” tutur Asrar sapaan akrabnya.

Dikonfirmasi terpisah kepada Relations, Security & Comdev Manager, Agus Sudaryanto, menyampaikan ucapan terima kasih atas doa dan seluruh dukungan baik dari warga masyarakat maupun para pemangku kepentingan sehingga JOB Tomori dapat menjalankan kewajiban dari pemerintah dan negara untuk tetap beroperasi di masa pandemic.
Hal ini yang tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan & kewaspadaan penyebaran covid-19 yang sangat ketat, “semoga menjadi berkah bagi daerah, pemerintah dan negara, amiiin” tutup Agus.

Untuk diketahui, bahwa bantuan Alkes yang disalurkan JOB Tomori di Kecamatan Mamosalato dan Kecamatan Bungku Utara berupa Faceshield, Hazmat, Nursecap, Kacamata Pelindung, Masker Medis, Masker N95, Handscoon Steril dan non steril, Handscoon plasenta Obgyn, Sepatu Boot, Alkohol 70 %, Thermometer, Handsanitizer, Alkohol Swap, Disinspektan Bubuk dan sarung tangan Obgyn. Sebelumnya, JOB Tomori juga telah menyalurkan alat cuci tangan di Kecamatan Mamosalato, alat semprot, paket disinspektan dan lain-lain.***