Gawat luapan air sungai poao sudah melewati jembatan gantung Ranononcu ( Poso) foto. Hari ini minggu (3/5)
Gawat luapan air sungai poao sudah melewati jembatan gantung Ranononcu ( Poso) foto. Hari ini minggu (3/5)

Laporan: Ferdinan

POSO – 50detik. Com – Intensitas hujan di kabupaten poso sampai hari ini, Minggu ( 3/5) masih tercurah di beberapa tempat. Hal tersebut mengakibatkan sungai Poso masih sulit di perkirakan kapan akan surut.

Ferri walewangko di lokasi banjir

” sejumlah pemukiman warga pada wilayah dusun Bonelanto kelurahan Ranononcu sampai sore tadi ( hari ini) masih di masuki air luapan sungai poso.” Terang Feri Walewangko kepada 50 detik.com.

Melihat resiko di hadapi masyarakat sekitar, Ferri meminta kepada pemerintah kabupaten poso supaya secepatnya melakukan relokasi sejumlah kepala keluarga ( kk) yang terdampak banjir.

Rumah warga sudah setengah di telan banjir

” Ada beberapa kepala keluarga yang saya pantau lokasi perumahanya sekarang sangat berbahaya jika banjir datang di lokasi mereka. Apalagi bangunan mereka hanya arsitektur rumah panggung berbahan kayu. Keadaan bangunan seperti itu sangat rawan kondisinya jika berhadapan dengan banjir bandang ,” katanya.

” mempertimbangkan hal di atas, maka saya mohon kepada bupati bersama jajaran terkait, supaya bersedia melakukan relokasi sejumlah warga ke tempat lebih aman. Kalau ini tidak secepatnya kita lakukan saya sangat kuatir dengan kondisi rumah mereka sekarang.” Tanggapnya.

Terkait bantuan sudah di salurkan, Ferri pun meminta agar semua warga bisa mendapatkan layanan yang sama.

” Saya sudah cek sama lurah. Kata beliau baru sebagian yang sudah terima bantuan. Sedang yang lain masih menunggu,” Jelas Ferri Walewangko

Di Ketahui,, akibat guyuran hujan menghantam hampir semua wilayah kabupaten Poao dari Kamis (27/4) kemudian secara intens terjadi hujan deras pada Jumat dan sabtu. Hal tersebut telah mengakibatkan beberapa titik wilayah di penuhi genangan air sampai kedalaman di atas 1 meter, bahkan lebih.

Sejumlah rumah pendudukpun tidak luput dari rendaman air tersebut.

Hasil pantauan kami hari ini. Minggu ( 3/5) masih ada beberapa titik yang masih terendam banjir seperti sebagian kelurahan Ranononcu dan sebagian wilayah Sayo. Air tersebut, masih menggenangi perumahan warga. ***