Ketua KPU Pasangkayu Syahran Ahmad Lantik PPK sekaligus lanjut tahapan pilkada (50detik.com/mawan)

Laporan: Darmawan

Pasangkayu.50detik.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu kembali melanjutkan tahapan pilkada serektak per (15/6). Dimana tahapan ini sempat ditunda akibat pandemi covid-19 yang melanda hampir seluruh wilayah Indonesia.

Digulirnya kembali tahapan Pilkada serentak di Kabupaten Pasangkayu ditandai diserahkannya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 dan pelantikan sekretariat PPK menandakan bahwa tahapan telah pengaktifkan kembali penyelenggara yang dinonaktifkan.

Ketua KPU Kabupaten Pasangkayu, Syahran Ahmad melantik 36 anggota sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, dilantik pelantikan dilakukan tepat dihari pertama dimulainya tahapan pilkada serentak 2020.

Pelantikan dikaukan langsung Ketua KPU Syahran Ahmad di salah satu hotel di  dalam kota pasangkayu dengan standar protokol kesehatan. Setiap peserta yang datang wajib mengikuti protokol kesehatan seperti cuci tangan dan mengunakan masker.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Pasangkayu, Sahran Ahmad, tahapan pilkada yang dilaksnakan hari ini merupakan tahapan pilkada yang tertunda akibat pendemi covid-19.“Ada dua tahapan yang akan segera dilakukan KPU Pasangkayu yakni tahapan pelantikan sekretariat PPK yang dilakukan hari ini dan tahapan verifikasi vaktual untuk calon perseorangan akan dimulai tanggal 24 bulan ini juga” Ungkapnya

Dengan dimualiannya tahan pilkada serentak tahun 2020 hari ini maka seluru tahapan pilkada akan berjalan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Selain melantik anggota sekretariat PPK juga melantik pergantian Anggota PPS asal Desa Benggalu yang mengundurkan diri karena sakit.

Kesempatan yang sama melalui Staf Ahli Bupati Pasangkayu, Ilham mengapresiasi para Sekretaris dan Anggota PPK yang dilantik untuk selalu siap menjalankan tugas yang tentunya dengan penuh integritas yang tinggi.

“Sebelumnya saya sampaikan, bahwa pak Bupati dan Sekda tidak bisa hadir dalam acara pelantikan ini, dikarenakan ada tugas luar yang tidak bisa ditunda. Saya sangat berharap, Sekretariat PPK yang baru lantik tentunya harus netral, dikarenakan ditangan-tangan bapak dan ibu sebagai leading sektor dalam perhelatan pilkada tahun 2020,” Katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pasangkayu di Wakili Oleh Staf Ahli Bupati Pasangkayu Ilham SE, Kasat Intelkam Iptu Rahmatullah SE mewakili Kapolres Mamuju Utara, Ketua KPU Syahran Ahmad S.Pd bersama 4 Orang Komisioner KPU Pasangkayu, Kasi Datun Kejari Pasangkayu Jul Indra, Komisioner Bawaslu Nurliana S.Pd, Sekretariat PPK masing-masing Kecamatan.