Oleh : Suleman Dj.Latantu ( wartawan Media Online 50Detik Com)

Jelang pemilihan calon Kepala Desa Tayadun Kecamatan Bokat Kabupaten Buol dilaksanakan secara serentak pada 15 Oktober 2021, masyarakat yang punya hak untuk memilih, terlebih dahulu harus melihat realita tentang kondisi Desa Tayadun selama ini. Apakah kondisinya sudah benar benar mangalami kemajuan dari seluruh aspek pembangunan atau masih tertinggal sehingga perlu upaya pembenahan agar bisa sejajar dengan desa desa lainnya di wilayah Kabupaten Buol.

Jika jawabanya masih tertinggal, dan membutuhkan sebuah perubahan, apa yang harus dilakukan, terkait dengan proses pemilihan calon kepala desa ? apakah masyarakat memilih calon pemimpin hanya karena sebuah janji untuk mengejar kepentingan sesaat ? atau memilih calon pemim nipin yang benar benar berpikir cerdas dan punya kepedulian untuk melakukan sebuah perubahan bagi kemajuan pembangunan Desa Tayadun ?

Kalau misalnya jawabanya menginginkan sebuah perubahan, siapakah salah satu dari 5 calon Kades yang akan bertarung nanti yang pas dan cocok untuk dipilih ?..Apakah sosok calon yang usianya masih muda serta punya kemampuan dari segi materi ? atau sosok calon yang usianya sudah tidak muda lagi tapi memiliki pikiran cerdas, tegas dan punya kemampuan berkomunikasi dengan siapa saja serta punya kepedulian dalam membangun sebuah perubahan dalam segala aspek pembangunan.

Jika, misalnya menginginkan sebuah perubahan maka tentu jawabanya kembali kepada masyarakat itu sendiri siapa salah satu diantara 5 calon Kades tersebut yang layak untuk dipilih. Apakah, Jasmin Hasyim (incambent), Andulang Usman, Ilyas M Rahim, Tamrin D Batalipu, atau Mardin A.Baharu

Namun jika melihat kondisi saat ini, penulis berkesimpulan, bahwa Desa Tayadun, hingga saat ini masih membutuhkan sosok pemimpin yang benar benar tegas, bijak dan bertanggung jawab dalam mengambil sebuah keputusan dalam segala hal, dan tidak mudah untuk dipengaruhi. Dewasa dan cerdas berpikir dalam menghadapi semua bentuk permasalahan yang akan dihadapi serta memiliki inovasi dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan siapa saja, demi terciptanya kedamaian dan sebuah perubahan yang berarti bagi pembangunan desa Tayadun.***