Rekor gol Timnas Indonesia dilewati Thailand jelang lawan Timor Leste di Piala AFF. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

JAKARTA — Jelang pertandingan Grup B Piala AFF 2018 melawan Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (13/11), Timnas Indonesia disalip Thailand sebagai tim dengan koleksi gol paling banyak di Piala AFF.
Dikutip dari Fox Sports Asia, ada empat tim yang memiliki catatan di atas 100 gol pada ajang Piala AFF. Timnas Thailand menjadi yang tersubur di turnamen yang digelar sejak 1996 tersebut.
Sejak tampil di Piala AFF 1996, Timnas Thailand sudah mencetak 148 gol yang terakhir mengalahkan Timor Leste 7-0 di laga pertama Grup A Piala AFF 2018. Enam gol dari Adisak Kraisorn dan satu gol dari Supachai Jaided membuat Thailand melewati rekor gol Indonesia di Piala AFF.
Kekalahan 0-1 dari Singapura di laga pertama Piala AFF 2018 membuat Timnas Indonesia kini mengoleksi 145 gol dari 59 pertandingan. Kurniawan Dwi Yulianto yang kini menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia, merupakan top skor tim Garuda di Piala AFF dengan 13 gol, unggul atas Bambang Pamungkas dengan 12 gol.

Di urutan ketiga ada timnas Vietnam dengan 124 gol, disusul Malaysia yang sudah mengoleksi 102 gol. Menariknya, dari empat tim yang sudah mencetak lebih dari 100 gol di Piala AFF, hanya Timnas Indonesia yang belum pernah menjadi juara.
Thailand sudah merebut lima gelar Piala AFF, sementara Malaysia dan Vietnam sama-sama mengoleksi satu trofi. Sementara timnas Singapura yang memiliki empat gelar Piala AFF, baru mencetak 96 gol di turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Rekor gol di Piala AFF:
TIMNAS THAILAND – 148 GOL
TIMNAS INDONESIA – 145 GOL
TIMNAS VIETNAM – 124 GOL
TIMNAS MALAYSIA – 102 GOL
TIMNAS SINGAPURA – 96 GOL (map/har)

Sumber: CNN Indonesia

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here