LORE. 50detik.com – Bupati  Kabupaten Poso  dr. Verna GM Inkiriwang  kembali  menginjakan  kaki di wilayah  lore  dalam  rangka  serah terima  tenaga kesehatan  Nusantara Sehat  Tim XVII  Batch  2021.  Penyambutan perempuan  pemegang  kursi  nomor  satu di  daerah bersimbol Sintuwu Maroso tersebut berlangsung di desa Doda Kecamatan Lore tengah. Kamis, (3/6) 2021.

Kehadiran  bupati pada  acara tersebut  adalah  bentuk  apresiasi  dan sambutan hangat  pemerintah kabupaten poso  atas  kehadiran  Tim  Nusantara Sehat   di pimpin Nugroho Joko Mulyanto. SKM, M. Biomet,  sebagai   ketua Tim pendamping  dari kementerian  kesehatan  Republik Indonesia (RI).

“Selamat datang di kabupaten Poso Tim  tenaga  kesehatan  nusantara  sehat  bersama  ketua  dan tim  pendamping  dari  kementerian kesehatan RI. Semoga di  tempat tugas baru, para  tenaga kesehatan  dapat  beradaptasi dengan lingkungan  baru  dengan penuh  semangat kemudian  membangun  komunikasi dan koordinasi  yang baik  selama  menjalankan tugas

“ Pemerintah  berharap  dengan  kedatangan  tenaga  kesehatan  Nusantara sehat di kabupaten poso.  Dalam  tugas pengabdianya kedepan, masyarakat  akan mendaoat  manfaat yang besar  khususnya bidang pelayanan  kesehatan. Kami  juga berharap bahwa dengan kedatangan  Tim nusantara sehat, kita  bisa  bekerjasama dalam menekan laju  perkembangan  Covid 19  di kabupaten Poso. Pemberantasan  covid 19  sangat penting  guna  membangkitkan kembali  ekonomi  masyarakat pada tataran  lebih  kuat dan tangguh serta mandiri ke depan. Kalau ada yang  rindu selama tugas, biarlah perasaan itu  di tahan sementara waktu ,” Ujar  Bupati  Verna  menyampaikan harapan seraya  bergurau untuk memberi suasana kesejukan kepada semua yang hadir.

Dalam pertemuan  dengan masyarakat tersebut. Bupati  Verna GM Inkiriwang  sempat  pula menyampaikan tentang  pelaksanaan  program pemerintah daerah yang sudah di tetapkan melalui RPJMD  2021.  Mencakup  pendidikan  gratis, kesehatan gratis, santunan  duka, dan pertemuan bunga desa.

 

“ Semua  program tersebut  sedang  kami  susun payung hukumnya, agar  dalam  pelaksanaanya kedepan bisa berjalan  lancar  dan aman  ketika telah di terapkan kepada    masyarakat kabupaten poso  secara khusus  saudara –saudara  kita yang belum mendapat  jaminan  kesehatan  dari pemerintah pusat berupa  KIS atau BPJS kesehatan.

Demikian pula  dengan pertemuan  bunga desa yang dalam  rancanganya di laksanakan  sebulan sekali. Agenda  ini sangat  penting  bagi kami  karena di situlah  waktu  kita bertatap  muka  dengan  masyarakat  umum secara langsung untuk  mendengar aspirasi  dan keluhan di setiap  wilayah. Kendala  kami  hadapi  sekarang adalah  masih  terbatasnya   melakukan  pertemuan  dengan kumpulan  banyak orang  akibat  belum  putusnya  virus  corona di berbagai  wilayah  termasuk kita di  kabupaten Poso.

Bila daerah poso telah di tetapkan  sebagai zona  hijau. Program  ini  termasuk program  lainya  pasti  kita akan laksanakan  karena  ini juga  adalah  kerinduan kami  untuk  melihat  daerah  dan masyarakat  kabupaten poso  dalam  konteks kehidupan lebih sehat, mendapatkan  hak pendidikan yang sama, sejahtera, kuat dan maju dalam segala aspek  kehidupan,” ujar perempuan kelahiran  27 Novermber 1983 itu mengungkapkan isi hatinya.

Di tempat yang sama bupati  menyaksikan  langsung  penandatanganan  berita  acara serah terma tenaga kesehatan  Nusantara Sehat tim Batch XVII  Tahun 2021, bersama tim pendamping  dari kementerian  kesehatan RI. Berita acara  serah terima,  di lakukan  langsung Kadis  Kesehatan Kabupaten Poso  dr. Taufan Karwur. M.Kes.

 

Acara lainya  adalah  penyerahan piagam   penghargaan dari bupati poso  kepada  tenaga kesehatan nusantara sehat individu  yang telah purna tugas, dr. Andi Intan Paramata, bertugas di puskesmas  Doda. Kemudian di rangkaikan  penyerahan secara simbolis  Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa makanan kesehatan bagi  balita dan ibu hamil dan juga  masker ( pelindung hidung dari virus covid 19 )***

Penulis : Ferdinand Puahadi