Laporan: Rahmat Pratama

Palu. 50detik.com – Gempa lagi..gempa lagi…di Palu. Goncangan yang datang mendadak itu baru saja terjadi. Sabtu, tanggal 22 Desember 2018 pukul 10:19 WITA. dan menyebabkan warga kembali panik.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Cahyo Nugroho, SE, S.Si dalamiaran persnya menyebutkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M = 3.5; Lokasi pusat gempa berada di darat, 6 km arah baratlaut Palu pada koordinat 0.88 LS – 119.82 BT kedalaman 10 km, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Palu Koro.

Disebutkan, getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala III MMI di Palu, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi.

Pada skala ini, katanya.  digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan; benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang (III MMI) di Palu;

Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi dihimbau tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak. Hal-hal yang berkenaan dengan kejadian gempabumi agar tetap mengikuti arahan BPBD dan Informasi BMKG.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here