Laporan: Rahmat

Palu, 50detik.com– Kinerja pelaksanaan anggaran Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sepanjang tahun 2019 patut diberi jempol atas prestasi yang dicapai dengan keberhasilannya capai nilai 95,18.

“Dari 12 indikator yang ada diperoleh nilai 95,18,” ujar Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng Maria Ernawati ketika menyampaikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Peraturan Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Persiapan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palu serta Tata Cara Pemungutan Pajak Atas Belanja APBN oleh KPP Palu di Ruang Pola BKKBN Sulteng, Selasa (4/2/2020).

Erna, begitu sapaan akrabnya, mengatakan, dari 12 indikator kinerja, BKKBN Sulteng hanya melakukan tiga kesalahan, yaitu indikator data kontrak, kesalahan surat perintah membayar (SPM), dan halaman II daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2019.

“Hanya tiga kesalahan, sedangkan 9 indikator lainnya benar . Kesalahan ini harus kita perbaiki sehingga tidak terulang lagi pada tahun 2020,” ujarnya kepada seluruh peserta. Sementara, penyerapan anggaran Perwakilan BKKBN Sulteng tahun 2019 sebesar 89,36%.

“Saya berharap kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan penyerapan anggaran BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 2020 di atas 95% dan mengurangi kesalahan-kesalahan dalam pertanggungjawaban dana APBN dan pemotongan pajak,” ujar mantan Kabid Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Jawa Timur.

Sumber: Humas BKKBN Sulteng