DINAS PUPR TOLI TOLI, TAHUN INI LAKUKAN REKONSTRUKSI PEMELIHARAAN SEJUMLAH RUAS JALAN DAN JEMBATAN

Kepala Bidang Bina Marga Pada Dinas PUPR Tolitoli, Sahabudin,S.ST

 

Laporan : Suleman DJ. Latantu

 

Tolitoli,50.Detik.Com. Dalam tahun anggaran 2022, Dinas.PUPR Kabupaten Tolitoli saat ini sedang melakukan sejumlah kegiatan program rekonstruksi pemerliharaan jalan dan jembatan. Antara lain ruas jalan Soni – Padumpu sepanjang 1,6 kilometer, Kinapasan – PLTM 2 ,6 kilometer, dan ruas jalan dalam Desa Galumpang sepanjang 1 kilometer.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli melalui Kepala Bidang Binamarga, Sahabudin, S.ST menjelaskan, kegiatan pekerjaan rekonstruksi pemeliharaan  ketiga ruas jalan tersebut, pembiayaanya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022. Dan realiasi progres fisik pekerjaan di.lapangan  hingga saat ini rata rata sudah mencapai 30 persen.

” Terus terang, anggaran kita yang bersumber dari DAK tahun ini hanya sekitar Rp 10 milyar dibanding tahun tahun sebelumnya yang nilainya Rp 20 – 30 milyar.  Penurunan nilai angka itu lebih disebabkan karena adanya wabah Covid 19 yang terjadi di Indonesia. Dan kita berharap, insallah tahun berikutnya pemerintah akan mengalokasikan lagi DAK dalam jumlah yang lebih besar” ujar Sahabudin kepada media ini Jum’at (13/5-2023) di ruang kerjanya.

Menyusul selain DAK, lanjut Sahabudin,.tahun ini pihaknya juga telah mendapatkan anggaran sebesar Rp 12 milyar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Anggatan sebesar itu akan dialokasikan untuk membiayai sejumlah kegiatan fisik lainnya. Antara lain untuk rekonstruksi pemerliharaan jembatan Garita di Kampung Arab dalam Kota Tolitoli serta jembatan Penyapu di Desa Galumpang

“Dan khusus jembatan Penyapu ini sebelumnya kita sedikit mengalami kendala akibat banjir yang terjadi di Galumpang beberapa bulan lalu. Sebelum banjir terjadi, bentangan jembatan itu hanya sekitar 80 meter. Nah, pasca banjir alur sungai itu bertambah dan konsekwensinya bentangan jembatan itu  menjadi 120 meter. Dan untuk menyesuaikan kemampuan keuangan daerah, maka solusinya kita lakukan pergeseran lokasi yang posisinya tidak jauh dari jembatan sebelumnya..Selain itu juga akan dilakukan pemeliharaan jembatan dan ruas jalan Samratulangi dalam Kota Tolitoli,” jelas Sahabudin.

Ditambahkan, selain paket tersebut menurut Sahabudin, menyusul masih ada tiga paket lainya yang akan dilelang  tahun ini yang sempat dipending  akibat adanya refocussing anggaran. Dan repocusising anggaran yang masih tersisa itu, tahun ini akan dialokasikan untuk membiayai pemerliharaan jembatan di Desa Lemper Kecamatan Dampal Selatan, dan lanjutan pemeliharaan  ruas jalan di Dondo serta ruas jalan dalam Kota Tolitoli, tandasnya.***

 

Pos terkait