Palu, 50detik.com– Balai Konserfasi Sumber Daya Alam Provinsi Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan pemerhati buaya asal Australia yang juga merupakan presenter National Geografi Matt Wright, Selasa (11/02/2020) sore, telah memasang perangkap untuk menangkap buaya berkalung ban.

Hal tersebut, merupakan salah satu upaya yang dilakukan BKSDA Sulteng dan Matt Wright, untuk membebaskan buaya yang saat ini sedang viral tersebut dari jeratan ban yang ada di lehernya.

Perangkap tersebut, merupakan salah satu upaya kerjasama yang Matt Wright dan tim satuan tugas penanggulangan satwa lakukan, karena karena dianggap jika menggunakan cara yang biasa dilakukan, akan sedikit sulit untuk menangkap dan membebaskan buaya itu.

Ketua Satgas Penanggulangan Satwa dan Penangkapan dan Pembebasan Buaya Berkalung Ban, Haruna mengungkapkan, hal tersebut merupakan salah satu upaya yang di ambil untuk membebaskan buaya sungai Palu itu, dari jeratan ban yang sudah melilit di lehernya sekitar 4 tahun lamanya.

“Kami akan terus berupaya, melakukan penangkapan dan membebaskan buaya itu dari lilitan ban yang ada di lehernya,” ujar Haruna.

Tidak hanya itu, dirinya juga menambahkan dengan bergabungnya Matt Wright dalam tim Satgas Penanganan Satwa BKSDA Sulteng, di harapkan dapat lebih memaksimalkan upaya dalam membebaskan buaya tersebut serta upaya kali ini bisa membuahkan hasil, agar buaya itu dapat terbebas dari petaka yang mengancamnya.

Hingga saat ini, belum di ketahui apakah perangkap tersebut akan di jaga hingga malam hari ataukah seperti apa, hingga berita ini kami turunkan belum ada penjelasan pasti yang di berikan oleh pihak BKSDA ataupun Matt Wright.

Penulis: Sugi Efendi