Laporan: Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-Terkonfirmasi Senin (30/3/2020) Pukul 14.00 WITA ada tiga orang warga Banggai Kepulauan (Bangkep) Sulawesi Tengah (Sulteng) yang telah berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) Coronavirus Disease 2019 atau Covid 19.

Tiga orang itu tersebar didua kecamatan. Masing-masing satu orang berada di Kecamatan Tinangkung sementara dua orang lainnya berasal dari Kecamatan Totikum Selatan.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Bangkep, Arabia Tamrin mengakui kepada sejumlah wartawan Senin (30/3/2020) bahwa sudah ada tiga orang yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) Virus Corona atau Covid-19.

Kini ketiga orang dimaksud tengah menjalani isolasi di rumah mereka, dengan pemantauan tim medis.
Ketiga orang itu menunjukkan gejala ringan seperti demam biasa dan keluhan lainnya yang diduga mirip ciri-ciri orang terpapar virus Corona.

Namun dalam prosedur penanganan Covid 19, hal kecil seperti itu sudah harus mendapat pemantauan medis.

Namun Arabia, belum dapat membeberkan jenis kelamin maupun usia ketiga orang itu. Sebab hal itu sudah menjadi prosedur tetap dalam Gugus Tugas Penanganan Covid 19 dalam menyebarkan informasi ke publik.

“Kami hanya dapat menyampaikan jumlah ODP atau level diatasnya, termasuk wilayah penyebarannya.
Dengan informasi tersebut masyarakat Bangkep diharapkan tidak panik,” ujar Arbia.

Dihimbau pula kepada warga agar menjaga jarak antara satu orang dengan orang lainnya dan menghindari kerumunan orang. Termasuk pula menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Langkah sederhana ini akan memutus mata rantai penyebaran virus teesebut.***