Inilah gambaran kondisi Desa Tayadun selama ini

Laporan Suleman Dj. Latantu.

BUOL 50Detik Com. Penyelenggaraan Pilkades serentak yang dijadwal 15 Oktober 2021, masyarakat Desa Tayadun Kecamatan Bokat Kabupaten Buol bersepakat untuk mengganti sosok Kepala Desa saat ini Jasmin Hasyim. Dalam pemilihan nanti mereka lebih cenderung akan memilih sosok calon pemimpin yang benar benar amanah, dan punya komitmen untuk membangun serta punya kepedulian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Tayadun.

Sejumlah toko masyarakat Desa Tayadun mengungkapkan, alasan mendasar hingga masyarakat akan melakukan proses pergantian karena Kades sebelumya Jasmin Hasyim, yang masih ikut dalam.pencalonan kembali pada pillkades tahun ini, selama menjabat dinilai gagal total dalam merealisasikan seluruh program pembangunan, baik pembangunan fisik, penyelenggaraan pemerintahan maupun pembinaan kemasyarakatan. Keadaan desa saat ini sangat memprihatinkan, tidak ada penataan yang dilakukan demi terciptanya suasana keindahan dan ketertiban sepertinya halnya desa tetangga lainnya yakni desa Tamit Kecamatan Bunobogu.

Sementara disisi lain, hubungan kerjasama dengan Ketua dan anggota lembaga BPD selaku mitra kerja dalam.penyelenggaraan pembangunan, pemerintahan dan pembinaan kemasyarakatan, selama ia menjabat tidak pernah terjalin hubungan yang harmonis, baik dengan lembaga BPD sebelumnya maupun lembaga BPD saat ini.

Sehingga melihat realita yang terjadi selama menjabat, secara politis elektabilitas dukungan pencalonanya kembali dalam pilkades serentak tahun ini, dikhawatirkan akan menurun drastis. Berdasarkan hasil penelusuran informasi dari sejumlah sumber, dari 5 calon Kades yang akan ikut berkompetisi pada Pilkades, cenderung dukungan masyarakat maupun basis keluarga sebagian besar tertuju kepada 4 calon lainnya, yakni Mardin Baharu, Ilyas M Rahim, Andulang Usman dan Tamrin D Batalipu.

Sementara, khusus dukungan dari basis keluarga, ke 4 calon lainnya itu, rata rata memperoleh dukungan penuh dari basis keluarga yang sama. Seperti halnya basis keluarga marga Timumun misalnya, dukungannya tidak hanya fokus kepada satu calon yang .keluarga Timumun akan tetapi dukungan itu terbagi kepada 4 calon tersebut, begitupun sebaliknya latar belakang basis dukungan dari keluarga calon lainnya

Sementara informasi yang diperoleh, dari 4 calon lainnya itu, pasangan nomor urut 4 Mardin A Baharu, diprediksi bakal memperoleh dukungan signifikan, menyusul pasangan urut 1 Ilyas M Rahim juga demikian. Sedang 2 calon lainnya, Andulang Usman dan Tamrin D Batalipu, jika melihat manuvernya dilapangan juga bakal memperoleh dukungan yang banyak, baik dari basis keluarga maupun masyarakat.

Meningkatnya elektabilitas dukungan.kepada 4 calon tersebut, dikhawatirkan akan mengurangi jumlah poin dukungan terhadap calon nomor urut 2 Jasmin Hasyim. Menyusul adanya catatan ” tinta merah” yang bisa menjadi tolok ukur penilaian masyarakat.

Namun dengan berbagai upaya dan manuver politik yang ia bangun untuk memberi keyakinan kepada masyarakat tentang keberadaanya, diprediksi bisa mendongkrak naiknya jumlah.dukungan terhadap dirinya. Menyusul adanya upaya kerja sejumlah tim pemenangan yang ia bentuk, juga bakal bisa membantu dalam pencapaian jumlah target dukungan tersebut terhadap dirinya.***