Laporan : Mulyadi T Bua/rls

Luwuk50detik.com-Kepedulian Amir Tamoreka untuk kalangan petani cukup besar. Kepeduliannya dia tunjukkan dengan memberikan bantuan bibit dan pupuk organik gratis, kepada sejumlah petani di dataran Toili. Bantuan itu dia serahkan beberapa bulan silam. Kini hasil produksinya cukup memuaskan.

Menurut pengakuan salah seorang petani setempat Ahmad Yani, (15/11/2020), dengan adanya bantuan bibit dan pupuk, para petani cukup terbantu sehingga tak berlebihan apabila mereka menghaturkan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Haji Amirudin Tamoreka (AT) kepada para petani yang ada di Kecamatan Toili saat ini.

“Dengan adanya bantuan bibit dan pupuk, hasil produksi panen mereka meningkat tinggi. Seperti tomat yang tadinya hanya 50 kini hasil panen mencapai 70 ton per hektar setiap setiap musim tanam. Dan ini semua Alhamdulillah berkat bantuan bibit dan pupuk organik dari Haji Amir,” katanya.

Selain tomat ada beberapa komoditas lainnya seperti cabe keriting dan Jagung Manis. Sama seperti tomat, jagung dan cabe pun mengalami peningkatan produksi.

“Kalau rica keriting baru lima kali panen alhamdulillah hasilnya juga cukup memuaskan,” tuturnya.

Tamoreka ketika dimintai tanggapannya mengatakan bahwa, bantuan yang diberikannya stimulan untuk petani. Sekaligus ajang percontohan seperti apa peran aktif pihak ketiga dalam menstimulasi petani untuk meningkatkan hasil produksi mereka, dan hal itu sukses. Sehingga kedepannya dapat berlakukan hal yang sama.

“Kita akan bagikan pupuk dan bibit secara gratis, agar petani yang ada di Kabupaten Banggai dapat menikmati hasil jauh lebih baik dari sebelumnya,” tandas Amir.***