Laporan:  Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkep Rudin Sinaling dan Sekab sempat ‘disandra’ pendemo di Desa Seasa Kecamatan Bulagi, Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Aksi yang menyita perhatian warga Bangkep tersebut, berawal ketika ratusan warga dari Kecamatan Bulagi, Bulagi Utara dan Bulagi Selatan Senin (4/11) menggelar aksi protes terkait krisis air bersih yang melanda wilayah itu.

Warga meminta agar pemerintah segera mengambil kebijakan untuk segera mengentaskan krisis air bersih yang sudah puluhan tahun tak kunjung berakhir.

Kosentrasi pendemo terpusat di Desa Seasa itu membuat arus lalu lintas terganggu karena sekitar 10 jam ruas jalan yang menghubungkan beberapa kecamatan dibarikade warga.

Kemudian aksi itu membuat para petinggi di Kabupaten Bangkep ‘kalangkabut’ sehingga Plt Bupati Bangkep menginstruksikan kepada Sekab Bangkep, Rusli Moidady mawakilinya untuk menemui pendemo.

Bahkan Ketua DPRD Bangkep Rusdin Sinaling turut dalam rombongan itu.
Alhasil, ketegangan pun terjadi, karena harapan mereka Rais Adam yang menemui mereka, namun sayang harapan itu tidak terwujud.

Akhirnya demonstran merasa tak puas, sehingga pendemo mendesak Rais Adam untuk segera menemui mereka. Jika Rais Adam tidak hadir maka, para pejabat yang sudah tiba di lokasi aksi tidak perbolehkan meninggal tempat aksi sebelum ada jamanin Rais Adam menemui mereka.

Bahkan pendemo yang mulai anarkis nyaris membakar Kendaraan Dinas (Randis) Ketua DPRD Bangkep.

Namun aksi tidak sempat meluas karena kesigapan petugas dan para pejabat itu bernegosiasi. Akhirnya aksi yang mulai digelar sekira pukul 09.00 Wita itupun berakhir tepat pukul 17 .25 setelah adanya negosiasi yang melahirkan kesepakatan, bahwa pemerintah akan menyeriusi krisis air bersih diwilayah itu.

Tak lama berselang setelah janji pemerintah itu sepakati kedua belah pihak. Akhirnya pendemopun membubarkan diri.

Belakangan diketahui ketidakhadiran Plt Bupati Bangkep Rais Adam bukan tanpa alasan. Sebab Rais Adam tengah menerima sejumlah bupati dan para pejabat Provinsi Sulteng, atas undangan Pemda Bangkep untuk menghadiri upacara peringatan Hut Bangkep ke 20 di Lapangan RTH Salakaan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here