PT Toyota Astra Motor Resmi Luncurkan Kijang Innova Zenix

Jakarta, 50detik.com- Setelah rumor dan teasernya berhembus kencang dalam beberapa waktu terakhir, PT Toyota Astra Motor resmi meluncurkan Toyota Kijang Innova Zenix.

Dilansir toyota.astramotor.co.id, sejak kemunculannya tahun 1975, Toyota Kijang kini berubah ke arah elektrifikasi.

Toyota Kijang Innova Zenix kini tersedia dalam dua mesin, namun tanpa ada opsi mesin diesel.

Toyota tetap mempertahankan mesin bensin di Kijang Innova generasi terbaru dan kemudian menghadirkan opsi hybrid. Untuk mesinnya akan alami sedikit perubahan spesifikasi, dan mesin dieselnya tak lagi diproduksi.

“Kami hadirkan Toyota Kijang Innova Zenix sebagai generasi ketujuh Kijang Innova. Ini jadi model mpv hybrid Toyota pertama yg hadir di Indonesia. Dengan teknologi hybrid, Innova Zenix mengalami peningkatan performa 25% dan lebih irit 50%, serta penurunan emisi lebih dari 50%,” ucap Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor saat peluncuran.

Kijang Innova generasi terbaru tersedia dalam lima pilihan tipe, yaitu G bensin, G hybrid, V bensin, V hybrid, dan Q hybrid. Khusus versi hybrid, Innova Zenix sistemnya mengkombinasikan mesin konvensional yang dipadukan motor listrik dengan memperoleh sumber daya dari baterai.

Berikut ini tipe dan varian Toyota Kijang Innova Zenix 2023:

Innova Zenix 2.0 G CVT
Innova Zenix 2.0 V CVT
Innova Zenix 2.0 G HV CVT
Innova Zenix 2.0 V HV CVT
Innova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS

Indonesia sebagai negara pertama yang meluncurkan Toyota Innova Zenix, dan juga jadi mobil hybrid pertama Toyota yang dibuat secara lokal, tepatnya di Karawang, Jawa Barat.

Toyota Innova Zenix dibangun memakai platform baru. Innova Zenix sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) seperti model mobil Toyota lainnya yang dipasarkan secara global.

Hal ini lantas membuat desainnya sebagai perpaduan antara mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV). Desain grill trapezoidal baru dikombinasikan headlamp sipit. Innova Zenix juga dilengkapi lampu DRL tepat di bawah lampu utama.

Kesan SUV yang maskulin ditonjolkan melalui garis-garis tegas yang melintang di sepanjang bodi samping, mulai dari bumper hingga menyentuh buritan lampu belakang. Untuk tipe teratas, mobil ini sudah menggunakan Panoramic Sunroof.

Dimensinya dibuat lebih kompak, namun interiornya semakin luas. Dimensi panjangnya 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm, dengan wheelbase 2.850 mm.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyediakan dua varian mesin yakni mesin bensin 2.0L dan mesin hybrid 2.0L. Namun jangan salah, mesin bensin yang digunakan ini benar-benar baru walau kapasitasnya mirip dengan Kijang Innova versi sebelumnya.

Mesinnya kini berkode M20A-FKS, yang sebelumnya digunakan pada Toyota Voxy. Tak seperti generasi terdahulu, Innova Zenix semuanya  pakai transmisi CVT dan sistem penggerak roda depan.

Lalu akan seperti apa mesin Toyota Innova versi Hybrid? Kode mesinnya mirip tapi untuk versi Hybrid memakai M20A-FXS seperti yang sudah diprediksi sebelumnya.

Mesin M20A-FXS merupakan mesin baru yang dimiliki oleh keluarga Toyota Dynamic Force. Toyota mengembangkan sistem hybrid M20A-FXS dengan motor baru dengan struktur rolling coil. Kapasitasnya 1.986 cc dan desainnya sengaja dibuat agar memberikan performa naik hingga 50 persen.

Sumber: toyota.astramotor.co.id

Pos terkait