Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com– Polres Mamuju Utara (Matra) melaksanakan apel pergeseran pasukan di halaman Mapolres Matra dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)yang akan dilaksanakan 12 Nopember 2019 secara serentak di 21 Desa di 10 Kecamatan Kabupaten Pasangkayu.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Matra senin Pagi (11/11/2019). Akbp Leo H.Siagian S.I.K,M.Sc yang dihadiri para Kabag, Kasat, para perwira, Kapolsek Jajaran serta anggota Polres maupun Polsek jajaran Polres Matra.

Dalam arahannya Kapolres menyampaikan, sebelum personil yang terlibat Pam Pilkades bergeser ketempat pengamanan diberikan pengarahan  agar dapat memahami tugas pokok dan tanggungjawab dalam hal memberi rasa aman pada pemilihan nanti.

“Walaupun situasi Pilkades di wilayah Pasangkayu landai – landai, namun saya berharap anggota yang melaksanakan Pam Pilkades tetap serius dalam menjalankan tugas dan selalu waspada terhadap setiap perkembangan situasi dan tidak terprovokasi atas adanya ancaman.

Menurutnya, tolak ukur keberhasilan dalam pelaksanaan pengamanan yaitu ketika kegiatan berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Oleh sebab itu dalam bertindak harus tegas sesuaikan dengan SOP nya. “Mari berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan tunjukkan komitmen moral dan etos kerja” Ungkapnya

Target kita, tidak boleh ada kejadian selama pelaksanaan Pilkades, oleh karena itu silahkan mengatur metode pengamanannya. Optimalkan kegiatan deteksi dini dengan melibatkan segenap komponen masyarakat. Sehingga permasalahan sekecil apapun segera diketahui dan ditangani agar tidak meluas.

Polisi tidak boleh sama sekali terlibat dalam politik praktis apapun dan wajib menjaga netralitas dalam pengamanan Pilkades 2019 ini. Mari kita berikan perlindungan dan rasa aman bagi masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menentukan pilihannya dalam Pilkades ini.

Sebanyak 200 Personil Polres dan Polsek jajaran untuk mengawal dan mengamankan jalannya Pilkades Serentak di seluruh wilayah Pasangkayu.  Usai apel personil yang terlibat pam Pilkades langsung menuju daerahnya masing-masing sesuai dengan surat perintah.

Pihaknya tidak akan ragu melakukan tindakan tegas terhadap pelaku yang melakukan praktek kecurangan dan provokasi kerusuhan dalam pelaksanaan pilkades serentak ini. Dimana mulai  besok 09 Oktober 2019 sudah memasuki tahapan pemungutan suara.

Usai Apel, Kapoles melanjutkan Apel di halaman Dinas PMD Pasangkayu yang dihadiri Kepala Dinas PMD dan Kasat Satpol PP serta personil kepolisian dan  Satpol PP yang juga dalam apil itu membahas terkait pengamanan Pilkades.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here