Manado, 50detik.com – Banyaknya sampah plastik di sekitar Pelabuhan Melonguane membuat pihak Polres Kepulauan Talaud tak tinggal diam. Buktinya, puluhan personel dipimpin Wakapolres, Kompol Maria Buida, melakukan kerja bakti, Selasa (04/12/2018), pagi.

Terpantau, para personel mengangkat sampah-sampah yang dibuang oleh orang-orang tak bertanggungjawab, disembarang tempat. Bahkan sampah-sampah plastik juga terlihat mengapung di perairan dekat dermaga.

Melihat hal ini, beberapa personel langsung menceburkan diri ke laut untuk memungut sampah-sampah yang dapat merusak kelestarian alam.

Dikatakan Wakapolres, kerja bakti ini merupakan wujud nyata kepedulian keluarga besar Polres Kepulauan Talaud terhadap kelestarian lingkungan. “Sampah plastik yang dibuang ke laut itu sangat berbahaya, bisa merusak ekosistem, termasuk terumbu karang dan biota laut,” ujarnya.

Kerja bakti ini, lanjut Wakapolres, juga sebagai penjabaran Polri sebagai penggerak revolusi mental dan tertib sosial di ruang publik. “Kami mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Jangan membuang sampah di laut, laut bukan tempat sampah,” tegasnya.

Menurut Wakapolres, kebiasaan membuang sampah sembarangan tidak hanya merusak lingkungan, namun juga mendatangkan penyakit. “Mari kita bersama berpola hidup bersih dan sehat, serta terus menjaga lingkungan alam demi anak cucu kita nanti,” pungkasnya.

Sumber: Humas Polda Sulut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here