Persentase Kasus Aktif Covid-19 Indonesia Terendah di ASEAN-Australia

Jakarta, 50detik.com–Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan persentase kasus aktif Covid-19 di Tanah Air merupakan yang terendah se-Asia Tenggara (ASEAN) dan Australia.

Berdassarkan data persentase kasus aktif per total kumulatif kasus positif, Indonesia berada di angka 0,05 persen dan menjadi yang terendah di ASEAN dan Australia. Menurut Wiku, Vietnam kasus aktifnya sebesar 11,44 persen, Singapura 6,01 persen.

Sementara yang mendekati Indonesia yaitu Filipina persentasenya 0,07 persen. Hal ini juga menunjukkan Indonesia mampu bersaing dalam penanganan Covid-19. Walaupun karakteristik Indonesia negara kepulauan dengan beragam suku bangsa dan karakter masyarakat berbeda-beda, bahkan sempat mengalami berbagai keterbatasan sumber daya dalam penanganan pandemi.

“Kita tetap mampu memanfaatkan dan menggerakkan seluruh komponen bangsa untuk turut berkontribusi dalam menekan dan menangani kasus Covid-19, tentunya hal ini harus terus kita pertahankan, mengingat pandemi ini secara global belum usai,” jelasnya, dalam keterangan persnya, Jumat (3/6/22).

Wuku melanjutkan, yang tak kalah penting, Indonesia berhasil menyelenggarakan sejumlah kegiatan berskala internasional tanpa adanya kenaikan kasus signifikan. Untuk diketahui, kegiatan berskala internasional turut berkontribusi meningkatkan mobilitas dan kegiatan masyarakat baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sumber; Humas Mabes Polri
Tribratanews.polri.go.id

Pos terkait