Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) dinilai gagal dalam mengawasi reklamasi. Hal itu menjadi sorotan publik, sebab diwilayah itu banyak oknum tertentu yang memanfaatkan lemahnya pengawasan Pemda untuk menimbun laut.

Sorotan kali ini datang dari Hatta Mayuna politisi Demokrat yang juga aleg Dewan Bangkep, dia mengatakan lemahnya pengawasan Pemda Bangkep dalam mengawasi kegiatan reklamasi pantai. Membuat oknum-oknum tertentu berani melakukan tindakan ilegal tersebut. Bahkan bukan hanya warga biasa saja yang melakukannya namun diduga juga ada oknum pejabat publik bahkan pejabat desa ikut-ikutan melakukan kegiatan ilegal dengan menimbun pantai dengan tujuan tertentu.

“Selama ini kegiatan reklamasi ilegal di beberapa bibir pantai, sampai saat ini belum ada tindakan tegas dari pemerintah terhadap pelakunya. Padahal kegiatan itu ada di depan mata namun hal itu tidak juga ditindaki,” tutur Hatta ketika diwawancarai media ini di kantornya (11/6/2020).

Untuk itu, Hatta menyarankan Pemkab Bangkep, bekerja sama dengan Polri, TNI dan institusi hukum lainnya untuk membentuk satgas khusus mengawasi kegiatan reklamasi.

Hal itu penting karena tidak hanya mengawasi saja tetapi juga menindak sesuai hukum yang berlaku, agar ada jera bagi pelakunya.

Ketika disinggung seperti apa langkah-langkah nantinya di tempuh pihaknya, dalam menyikapi kasus reklamasi itu, Hatta menyarankan kepada unsur pimpinan Dewan Bangkep agar secepatnya mengeluarkan kebijakan untuk kemudian mengundang pihak-pihak terkait masalah reklamasi.

“Kami akan menyarankan kepada pimpinan, agar segera mengeluarkan instruksi kepada komisi II untuk menyikapi kasus reklamasi yang salah satunya kasus reklamasi ada di desa Kautu,” tandas Hatta.***