Laporan Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-Hingga saat ini Pergantian Antar Waktu (PAW) Wakil Bupati (Wabup) Banggai Kepulauan (Bangkep) masih menjadi teka-teki.

Menariknya para politisi di daerah kepulauan itu, mencoba menerka-nerka siapa yang bakal mendampingi Bupati Bangkep Rais D Adam disisa masa jabatan.

Spekulasi politik semakin mengemuka pasca di lantiknya Rais D Adam bulan lalu, sebagai Bupati Bangkep untuk menggantikan Zainal Mus, yang berhalangan tetap karena kesandung kasus korupsi.

Nama-nama yang digadang seperti Hatta Mayuna (Demokrat), Jufri Hermawan (Hanura), Nurdin Lagandja (Demokrat), Rusdin Dg Pattapa (PKS) serta beberapa nama lain dari partai pengusung menjadi tema diskusi para politisi setempat, sebulan belakangan ini.

Pengurus partai pengusungpun sudah pasang ‘jurus’ untuk memuluskan jalan kader mereka menuju kursi kosong dua Bangkep. Eskalasi politik semakin mendekati titik klimaks, sebab gerilya politik sudah mulai nampak, dan terbuka. Bahkan ada figur yang digadang sebagai calon PAW sudah membentuk tim sukses ‘bayangan’.

Beda dengan Partai Bulan Bintang salah satu partai pengusung, partai ini luput dari hitung-hitungan soal peluangnya. Namun partai yang di gawangi Burhan Alelaga ini, justru menjadi partai ‘mahkota’ untuk membidani lahirnya PAW Wabup Bangkep.

Tak sefulgar koleganya sesama pengusung yang sudah terang-terangan “mendorong’ bakal calon PAW. Tetapi tidak bagi PBB, partai itu masih menutup rapat ‘kotak’ informasi terkait siapa yang bakal didorong menjadi pendamping Rais Adam.

Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Bangkep, Burhan Alelaga kepada 50detik.com (17/7/2020) mengatakan, PBB sudah memiliki figur yang tepat untuk mengisi kekosongan kursi wakil bupati Bangkep. Namun dia belum menyebutkan siapa nama figur di maksud.

“PBB telah memiliki figur yang nantinya akan diusulkan menjadi PAW, namun saya belum bisa memberikan informasi lanjut soal siapa yang kami usulkan nanti. Namanya ada dalam kotak, nanti saatnya baru di buka,” kata Burhan politis.

Ketika disinggung seberapa besar peluang ‘jagoannya’ untuk bersaing dengan calon partai pengusung lainnya?. Burhan optimis peluang jagoannya terbuka lebar.

“Meski PBB hanya memiliki satu kursi di parlemen Trikora namun itu bukan sandungan, karena proses politiknya ada di parlemen. ApalagiĀ  figur ini mampu bersinergi dengan Rais Adam selaku Bupati, ini yang menjadi nilai plusnya” papar sekretaris fraksi Golkar Bintang Persatuan Dewan Bangkep.

Soal komunikasi politik dengan DPW dan DPP PBB telah di lakukan, hasil dari komunikasi itu, tidak mengecewakan bahkan menyerahkan semuanya kepada pengurus daerah, soal administrasi seperti rekomendasipun sudah dibicarakan dan kata Burhan telah ‘aman’.

Diketahui, kekuatan politik PBB di parlemen Trikora tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya partai berlambang bulan bintang itu tergabung dalam fraksi Golkar Bintang Persatuan (Golkar, PBB DAN Perindo) yang memiliki enam kursi.

“Kita tunggu siapa nama calon PAW Wabup Bangkep dari PBB yang masih misterius itu. Kami akan mempublikasikan jika momentnya sudah tepat,” tandas Burhan.***