Laporan Suleman Dj.Latantu

BUOL 50Detik Com. Penyelenggaraan pemilihan calon kepala desa tahun ini secara serentak yang dijadwalkan tanggal 15 Oktober 2021, tercatat ada sekitar 48 Desa di Wilayah Kabupaten Buol yang ikut serta dalam penyelenggaraan Pilkades tersebut, dan salah satunya adalah DesaTayadun Kecamatan Bokat

Berdasarkan data, panitia penyelenggara Pilkades Tayadun secara resmi telah menetapkan 5 orang calon Kades periode 2021 – 2027 yang akan bertarung, antara lain Jasmin Hasyim (incamben), Mardin
A. Baharu, S.Sos, Andulang, Ilyas M. Rahim, dan Tamrin D. Batalipu.

Calon Kades Tayadun Kecamatan Bokat
Mardin.A.Baharu, S.Sos.
( foto; suleman)

Sementara dari ke-5 calon tersebut, 3 calon adalah wajah baru, yakni, Andulang, Ilyas M Rahim, dan Tamrin D.Batalipu. Sedang 2 calon lainnya, Jasmin Hasyim dan Mardin A..Baharu adalah sosok yang telah memiliki latar belakang pengalaman yang cukup dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Terlebih lagi, Mardin A.Baharu, cukup memiliki kemampuan dan segudang pengalaman yang dinilai luar biasa yang menjalankan roda pemerintahan di Desa Tayadun. Karena tidak heran, Mardin Baharu yang memperoleh nomor urut 4 pada proses pencabutan nomor pada pemilihan Kades Tayadun tahun ini, tahun 1995 pernah menjabat Kades Tayadun definitip selama 2 periode. Menyusul setelah dilakukan pemekaran Desa Pokobo dari Desa Lonu Kecamatan Bunobogu tahun 2003, Mardin dipercayakan sebagai Kepala Desa Pokobo.

Sementara terkait pencalonanya kembali di Desa Tayadun pada proses pemilihan kepala desa tahun ini, dengan tegas dia menyatakan bahwa, maksud dan tujuanya, hingga.mencalonkan kembali tak lain karena dilatar belakangi niat yang tulus serta keterpanggilan hati nuraninya setelah melihat kondisi perkembangan DesaTayadun selama ini yang dinilai sangat jauh dari harapan masyarakat .

“Jujur, dengan keadaan usia yang sudah tua, sebenarnya saya tidak pantas lagi untuk mancalonkan diri. Hal itu saya sadari, namun setelah melihat kondisi perkembangan pembangunan Desa serta kesejahteraan masyarakat selama ini yang cukup memprihatinkan, hati nurani saya terpanggil untuk maju kembali dalam proses pencalonan tersebut. Dengan niat dan tekad, bagaimana ke depan, agar Desa Tayadun, pembangunanya bisa lebih maju dan sejahterah seperti desa desa lainnya di Kabupaten Buol”, tutur Mardin Baharu, kepada Media ini Minggu, 28 Agustus 2021.

Dikatakan, untuk memacu pembangunan Desa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebenarnya bukan sesuatu yang sulit. Apalagi dengan adanya dukungan alokasi anggaran desa yang setiap tahunya dikucurkan oleh pemerintah. Dan untuk memaksimalkan pemanfaatan anggaran desa, tentu semuanya kembali kepada Kepala Desa itu sendiri selaku pengguna anggaran, bagaimana mengatur pemanfaatan anggaran tersebut agar bisa dapat membiayai seluruh program pembangunan yang telah disusun dan bisa memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, juga hubungan kerja sama yang baik dengan aparat desa termasuk dengan lembaga BPD selaku mitra, juga perlu dibangun dengan harmonis agar arah kebijakan program pembangunan Desa itu dapat dilaksanakan sesuai harapan masyarakat secara keseluruhan, pungkas Mardin.

Selanjutnya, Mardin berpesan, dalam proses Pilkades tahun ini, agar masyarakat khususnya di Desa Tayadun, lebih cerdas memilih calon pemimpin yang benar benar bisa membawa Desa Tayadun ke arah yang lebih baik.