Ketua DPRD Tolitoli, Randy Saputra, saat menuju dilokasi tersebut. (Istimewa)

Laporan Suleman Dj.Latantu

BUOL 50Detik Com. Pengolahan tambang emas ilegal yang diduga lokasinya berada di sungai Tabong Kecamatan Tiloan Kabupaten Buol atau tepatnya berada di perbatasan wilayah Kabupaten Tolitoli, selama beberapa bulan terakhir ini dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan informasi keberadaan tambang emas ilegal itu, sebelumnya sudah pernah viral dimedia sosial melalui akun Ketua DPRD Tolitoli, Randy Saputra. Dimana dalam akun fbnya, Randy menyebutkan, lokasi tambang emas tersebut berada di tengah hutan belantara yang medan berat dan sangat sulit untuk dijangkau..Menyusul dalam foto yang ditampilkan diakunnya itu, pengolahan tambang emas ilegal itu menggunakan alat berat jenis eksavator.

Informasi keberadaan tambang ilegal itu perlu dilakukan penyelidikan langsung ke lokasi dari aparat pihak terkait, apakah pengolahan tambang emas itu telah memiliki ijin resmi atau tidak. Jika dilakukan pembiaran, maka tidak tertutup kemungkinan praktek pengolahan emas tersebut akan berlangsung acara terus menerus.

Hingga berita ini ditayang, media ini belum memperoleh informasi tentang adanya upaya penyelidikan yang akan dilakukan oleh aparat pengawasan dari pihak tekait. Hanya saja informasi dari sejumlah sumber, saat ini sudah ada rencana tim dari Balai Penegakkan Hukum Kehutanan untuk turun melakukan penyelidikan langsung ke lokasi tersebut.

Sementara informasi lain yang diperoleh media ini menyebutkan, hasil pengolahan tambang emas selama beroperasi di lokasi tersebut, hasilnya cukup.lumayan. Diprediksi dalam waktu 1 minggu beroperasi menggunakan alat berat bisa menghasilkan sekitar 25 kilogram kandungan emas.