Laporan : Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com- Bupati Pasangkayu Ir. H. Agus Ambo Djiwa, M.P bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke wilayah area perusahaan perkebunan kelapa sawit yaitu PT. Pasangkayu anak perusahaan PT. Astra Agro Lestari (AAL) Tbk, Group area Celebes 1 (C1) yang terletak di Desa Gunung Sari, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu, 14 September 2019 kemarin.

Kunjungan Bupati beserta rombongan disambut baik oleh Community Development Area Manager (CDAM) PT. AAL Teguh Alimasuaji bersama Administratur (ADM) PT. Pasangkayu Ir. Djoniadi, Community Development Officer (CDO) PT. Pasangkayu Offier Paath, berserta segenap managemen PT. Pasangkayu diruang kerja ADM.

Bupati dan rombongan diruang kerja ADM dan berdiskusi, yang kemudian meninjau langsung proses pengolahan kelapa sawit hingga menjadi minyak sawit Crude Palm oil (CPO). didamping langsung oleh CDAM Area C1, ADM PT. Pasangkayu dan Kepala Pabrik PT. Pasangkayu Made Ari.yang kemudian dilanjutkan santap siang Mess tamu PT. Pasangkayu untuk beristirahat.

Disepan Bupati, Agus Ambo Djiwa, ADM menceritakan secara singkat mengenai proses tanaman kelapa sawit mulai dari pembibitan, perawatan, panen hingga masuk ke pabrik untuk diolah sampai menghasilkan produk minyak sawit yang namanya CPO.

“CPO inilah yang diproses labih lanjut lagi di pabrik reveneri di PT. Tanjung Saran Lestari ( TSL) Tbk yang berada di kabupaten pasangkayu”. Kata ADM.

Lanjut ADM, kita juga mengembangkan perkebunan masyarakat sebagai bentuk Income Generating Activity (IGA). Dari masyarakat kita bantu untuk mendapatkan bibit, kita bantu dalam pemberian penyuluhan teknis untuk bisa mendapat hasil kebun kelapa sawit yang bagus. Selain itu kita juga mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah pasangkayu

Pada kesempatan itu, Bupati memuju perkebunan kelapa sawit yang ada di daerah pasangkayu ini adalah komoditas unggulan bagi para petani. Bahkan kita patut berbangga karena di daerah pasangkayu ini terdapat pabrik pengolahan minyak CPO yang ada di PT. TSL.

Dimana lanjut dia, daerah-daerah lain juga mengirimkan minyak sawitnya ke PT. TSL. Kita juga sudah mampu mengekspor produk CPO keluar negeri melalui PT. TSL. Dimana tiap waktunya puluhan kapal bersandar didermaga PT. TSL untuk melakukan bongkar muat minyak CPO.

“Untuk tetap menstabilkan penghasilan masyarakat kabupaten pasangkayu terutama yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit. Pada saat masyarakat melakukan peremajaan/replanting tanaman sawit yang bisa mengurangi pendapatan masyarakat kami pemerintah memberikan bantuan berupa bibit tanaman jagung untuk tanaman jangka pendek, ternak, seperti sapi dan ayam untuk bisa memperbaiki perekonomian . Tutup Agus

2 KOMENTAR

  1. With havin so much content do you ever run into any issues of plagorism or copyright infringement? My blog has a lot of completely unique content I’ve either written myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the web without my permission. Do you know any ways to help reduce content from being stolen? I’d really appreciate it.|

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here