KKP Palu Lanjut Gelar Public Hearing RUU Kesehatan di Wilayah Kerja 

Palu, 50detik.com– Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah resmi mengirimkan draft RUU Kesehatan kepada pemerintah untuk dibahas bersama setelah RUU tersebut disahkan sebagai inisiatif DPR pada sidang paripurna pada bulan Februari lalu.Tahapan ini akan secara resmi memulai proses partisipasi publik dimana pemerintah dan DPR akan menghimpun masukan dan aspirasi dari masyarakat seluas-luasnya melalui berbagai forum.

Dari sisi pemerintah, Presiden telah menunjuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebagai koordinator wakil pemerintah untuk membahas RUU ini bersama DPR. Menteri lain yang ditunjuk termasuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Selanjutnya Menteri Kesehatan akan mengkoordinir penyusunan Daftar Isian Masukan (DIM) RUU bersama dengan Menteri lain yang ditunjuk dan kementerian/lembaga terkait, antara lain Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Masyarakat sebagai stakeholders akan dilibatkan dalam proses partisipasi publik melalui berbagai kegiatan. Kegiatan partisipasi publik akan dilakukan baik dengan institusi pemerintah, lembaga, organisasi profesi, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, CSO dan organisasi lainnya, baik secara luring maupun daring.

Pemerintah akan menyelenggarakan partisipasi publik yang bermakna (meaningful participation), sehingga hak publik untuk didengar, hak publik agar masukannya dipertimbangkan, dan hak publik untuk mendapatkan penjelasan dapat diakomodir dalam pembahas RUU ini.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palu Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Kesehatan yang bertanggungjawab secara teknis dan administratif kepada Direktur Jenderal Pencegahan dan pencegahan Penyakit (Ditjen P2P) melakukan Rapat Dengar Pendapat / Public Hearing Rancangan Undang Undang tentang Kesehatan yang di gelar Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Palu selama 4 Hari berturut turut dengan melibatkan Lintas Sektoral yang berbeda yang dilakukan di 4 Lokasi.

Diawali Pada hari Selasa (14/3/2023), Di Kantor Induk Kantor Kesehatan Pelabuhan yang diikuti oleh stakeholder dari Bandara Mutiara Sisi Aljufri Yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Palu, dr Gotra Saputra M.Kes dengan didampingi oleh Subkor PRL dan KLW dr Lisda Ulyakhairlika.

Kemudian selanjutnya kegiatan berlangsung di Ruang Rapat KKP Palu Wilker Luwuk, Rabu (15/03/23), yang di ikuti Para Stakeholder Pelabuhan Laut Luwuk dan Pada hari Kamis (16/3/2023) di Aula UPBU Bandara Aminuddin Syukuran Luwuk Kamis (16/03/23) yang di ikuti Para Stakeholder Bandara Aminuddin Syukuran Luwuk. Kegiatan di Wilayah kerja Luwuk yang dilaksanakan di dua lokasi berbeda dipimpin oleh Kasubag Adum Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Palu, Muhamad Ikhsan SKM M.Kes didampingi oleh Korwil Luwuk dr Sofar Alfredo Sinaga.

Wilayah Kerja Pantoloan turut berperan aktif dalam kegiatan ini di Kantor KP3 Pantoloan, PT. Pelindo Pantoloan dan KSOP Teluk Palu Jumat, (17/03/23) yang di ikuti para Stakeholder Pelabuhan Laut Pantoloan yang di nahkodai oleh Korwil Wilker Pantotolan, Ibu Andi Asniar, SKM. M.Kes

“Partisipasi publik yang luas sangat diperlukan mengingat RUU ini akan memicu reformasi di sektor kesehatan kita, sehingga layanan kesehatan dapat diakses masyarakat dengan lebih mudah, murah, dan akurat (#SehatLebihDekat, #SehatLebihTepat, #SehatLebihMurah). RUU ini diharapkan akan merubah kebijakan kesehatan kita untuk fokus mencegah masyakarat jatuh sakit daripada mengobati,”

“RUU ini juga diharapkan akan mengatasi problem klasik seperti kurangnya dokter umum dan dokter spesialis, pemerataan tenaga kesehatan yang masih sulit, gizi buruk serta layanan kesehatan yang tidak sesuai.

Pos terkait