Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-Hari ini Kamis (2/4/2020) komisi I, II dan III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banggai Kepulauan (Bangkep) Sulteng, menunaikan rencana mereka untuk mengunjungi beberapa sarana publik seperti pasar, Rumah Sakit, Puskesmas dan pelabuhan.

Kunjungan mereka untuk memastikan kesigapan petugas kesehatan di pelabuhan serta mengecek langsung apakah ada lonjakan harga bahan pokok di pasar tradisional, terkait penyebaran dan dampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Komisi II yang dikomandoi wakil ketua I Risal Arwie, mengunjungi pelabuhan diantaranya pelabuhan Sambulangan, Sabang, dan pelabuhan Leme-Leme.

Dalam rombongan dewan itu ada Burhan Alelaga, Sri Yeni dan Hatta Mayuna. Setiba di pelabuhan Leme-leme, sekira Pukul 16.00 WITA, Risal Arwie bersama rombongan yang didampingi Satgas Gusus Tugas Covid-19 Bangkep, memantau langsung penumpang yang tiba di pelabuhan tersebut.

Risal dan tim juga berkoordinasi dengan Satgas Gugus Tugas pencegahan Covid-19, yang terdiri dari para petugas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Kepolisian dan TNI. Dalam diakusi serius itu, ada beberapa kendala dalam pencegahan virus pandemik tersebut.

Selain minimnya alat pelindung diri, pembiayaan operasional dan akomodasi petugas turut menjadi persoalan.
Dalam kesempatan itu, Risal menyampaikan kepada petugas Satgas Gugus Tugas Covid-19, sejumlah warga dan pelaku ekonomi setempat, bagaimana jika pemerintah menutup jalur pelayaran di wilayah itu.

Mendengar hal itu masyarakat langsung menjawab tidak setuju. Alasan mereka jika pemerintah menerapkan kebijakan itu, dapat dipastikan warga akan kesulitan mendapat kebutuhan hidup.
Setelah mendenggar uneg-uneg petugas dan masyarakat, Ketua DPD II Golkar Bangkep itu berjanji akan merealisasikan haraoan uang disampaikan tadi.

“Kami akan membahas seperti apa strategi jitu dalam pencegahan Virus Corona, termasuk keluhan dan hambatan petugas di lapangan. Legislatif dan eksekutif bersama-sama akan membahas pembiayaanya,” ujar Risal Arwie.

Sementara Tim Komisi III yang dipimpin Waket II Eko Wahyudi serta Sadat Anwar Bihalia, dan Rahma Dg. Taha. Turun langsung ke pasar tradisional di Wilayah Tinangkung Utara,Totikum dan Totikum Selatan, untuk mengecek secara langsung pergerakan harga sembako di wilayah-wilayah itu.***