Turun Langsung, Kadis PPKBP3A Benahi Kantor Balai di Bulutaba

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com – Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) bersama para kader yang bertugas di wilayah Kecamatan Bulutaba menggelar pertemuanĀ  awal tahun 2020, yang berlangsung di kantor Balai Penyuluh Desa Lilimori Kecamatan Bulutaba, Senin (2/3/2020)malam

Pertemuan kali ini, dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Pengendalian Penduduk, Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Pasangkayu, Arhamuddin SE MAP, bersama Kepala Bidang

Seperti yang sudah ditegaskan jauh hari sebelumnya, akan dilakukan monitoring ke semua kantor Balai Penyuluh se Kabupaten Pasangkayu, dan malam itu langsung dibuktikan oleh Kadis P2KBP3A Arhamuddin, bahkan menginap di kantor Balai Penyuluh.

Kunjugan perdana tersebut, dilakukan Kadis dalam agenda yang diistilahkan Turba (Turun Bawah). Dimana poinya adalah monitoring kinerja penyuluh, dan pembenahan kantor Balai yang ada di kecamatan.

“Ini adalah Turba (Turun Bawah, red) yang pertama sejak pak bupati mengamanahkan saya sebagai Kadis P2KBP3A. Kali ini kita bersama-sama membenahi apa-apa saja yang harus kita benahi,” terang Arhamuddin, berdikusi dengan Penyuluh dan kader.

Dikatakan jika kantor balai sudah tuntas dibenahi, maka agenda selanjutnya ketika melakukan Turba adalah berkunjung ke kampung KB.

“Mengapa balainya dan penyuluhnya dulu yang mau dibenahi, karena kalau tidak dibenahi maka pelaksanaan program kampung KB dan lain-lain, tentu tidak berjakan maksimal. Olehnya mari kita bekerjasama membani kantor ini agar bisa difungsingkan,” imbuhnya.

Menurutnya, keberdaan kantor Balai Penyuluh KB sangat mencerminkan kehadiran penyuluh di desa. Nah kalau selama ini, ternyata selama ini tidak difungsikan dengan baik, ia juga tidak ingin menyalahkan para penyuluh yang ada.

“Untuk itulah saya turun, kalau memang ada kekurangan mari kita perbaiki bersama-sama, karena tidak mungkin saya mau menyalahkan penyuluh di bawah tanpa saya turun langsung lebih dulu,” jelasnya.

Selama Turba di Kecamatan Bukutaba, hal-hal yang dilakukan oleh kadis bersama para pegawainya dari P2KBP3A dan penyuluh lapangan seperti melakukan perbaikan dap air, pembersihan halaman kantor.

“Jadi tim yang turun juga kita evaluasi siapa melakukan apa, untuk dijadikan bahan koreksi kedepan,” pungkasnya.