Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasangkayu melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Kabupaten Pasangkayu Tahun 2020.

Pelantikan berlangsung di salah satu Hotel dalam Kota Pasangkayu pada Sabtu (29/2/2020). Pelantikan PPK tersebut dipimpin Ketua KPU Pasangkayu Syahran Ahmad di hadiri seluruh Komisioner KPU Harlywood Suly Junior, Heriansyah, Alamsyah dan Syahruddin.

Turut hadir, Wakapolres Mamuju Utara (Matra) Kompol Jufri, Komisioner KPU Sulbar Adi Arwan Alimin, mewakili Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pasangkayu Saharuddin, Pasi Intel Kodim 1427 Pasangkayu Muhammad Bakri.

Dalam sambutan Ketua KPU Pasangkayu, Syahran Ahmad mengatakan, perlu disampaikan bahwa seluruh anggota PPK berjumlah 60 orang dari 312 orang pendaftar, baik yang langsung maupun online serta 245 peserta yang memasukkan berkas.

“KPU Pasangkayu dalam menyiapkan perekrutan PPK ini lebih baik dari sebelumnya, dimana sistem seleksi mulai pendaftaran online sampai tes berbasis komputer atau CAT,” kata Syahran.

Menurut dia, Pasangkayu termasuk wilayah terpencil dan kita harus melangkah jauh, kita perlu lompatan besar untuk mengejar ketertinggalan. “Saya berharap untuk seluruh anggota PPK bangun badan dan jiwamu, isi pengetahuanmu agar kita bisa menjadi penyelenggara yang profesional dan transparan,” tutur Syahran.

Ia menyebutkan, kita sebagai penyelenggara Pemilu harus profesional dan transparan, karena pekerjaan kita banyak yang mengawasi, salah satunya adalah Bawaslu yang akan selalu mengawasi kita dengan ketat sebagai penyelenggara Pemilu.

“Prinsip dalam bekerja kalau kita setengah hati melaksanakan pekerjaan maka akan terasa setengah mati, maka bekrjalaha sepenuh hati dengan integritas,” sebut Syahran.

Sambutan Komisioner KPU Sulbar, Adi Arwan Alimin menyampaikan, ini adalah forum yang berjalan serentak di seluruh daerah di Indonesia.

“indeks kerawanan Pilkada Pasangkayu menempati ranking 10. Ini bukan prestasi baik, bukan pula kebanggaan, tapi ini indikator kerawanan dan nanti akan ditandai pada saat pemutakhiran data, kampanye dan masa pencalonan,” papar Adi.

Lanjut Adi, teman-teman PPK ini hasil dari proses pemilihan yang baik, yakni melalui sistem CAT yang transparan dan akuntabel.

“Bekerjalah sesuai dengan asas kepemiluan. Kalau anda jujur, adil dan transparan, anda tidak perlu takut dari segala ancaman dalam melaksanakan tugas,” tambahnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota PPK pada Pilkada Pasangkayu sebanyak 60 orang.