Oleh. Nawawi Sang Kilat.(Bang Awie).
Hari ini Kamis Tanggal 11 Juli 2024. baru sempat lagi nulis walau hanya sekilas atas tulisan AArkam Ahmad yang membahas soal KEDATUAN LUWU dan MACOA BAWALIPU WOTU. Sebelumnya minta maaf OPU karena baru sempat lagi kali ini sedikit saya ulas atas tulisan OPU yaitu.
1.Siapa nama Asli PUA LAMPENAI di era BATARA GURU dan MACOA BAWALIPU.
2.Apakah di era BATARA GURU sudah ada wilayah Wotu .
Bagian 1.
Ketika BATARA GURU datang di jurisdiksi Pua Lampenai ( Wotu) Pimpinan Masyarakat Etnis Wotu di sebut dengan sebutan PUA LAMPENAI, penamaan PUA LAMPENAI karena beliau memimpin masyarakat adatnya berkedudukan di BUKIT LAMPENAI tidak jauh letaknya dari DUSSU ( USSU) dan BILLASSA LAMOA, LAKAWALI, TAMPINNA dan CERREA ( CEREKENG) serta TURUNGGA BAJO .
Tentang siapa nama aslinya jujur saya tidak tahu, tetapi dalam lontarannya orang Wotu disebut.PAU PAU yaitu MULA ITOE ada disebut ,tetapi saya tidak memiliki Mula Itoe.Dahulu saat Prof Hasan Walinono dan Prof Salombe mengadakan penelitian di Wotu mereka masih sempat membaca nya di dampingi oleh PUA MUHIDDI.
Di Adat orang Wotu sangat sungkan menyebut nama asli yang kita tuakan. semisal saja kakek saya hanya kita sapah PUA GURU ternyata nama Aslinya TO MALATTA . PUA OGE ternyata nama aslinya PUA KALIMPO kadang disebut BAU PUA KALIMPO karena dia Macoa Bawalipu. Nenek saya, saya hanya menyapanya PUA BADU ETA karena semua bajunya BADU POKKO yang berwarna hitam, ternyata nama aslinya adalah E PATI. Ada dua orang nenek saya di Wotu adalah penghapal Lagaligo sampai sekarang Almarhumah saya belum tahu nama aslinya yaitu PUA KANNU dan PUA SAMI.
Jadi pemimpin masyarakat Adat di Wotu di Era Batara Guru dan sebelumnya disebut PUA LAMPENAI dan sepertinya hal yang sama berlaku pada etnis yang lain di komunitas “LU” ini yang terdiri dari pamona,padoe, tolaki,bajo.
Jadi pada saat Batara Guru datang belum dikenal penamaan MACOA BAWALIPU. tetapi pimpinan etnisnya di sebut PUA LAMPENAI dan PUA MACOA . Jadi cikal bakalnya penamaan MACOA BAWALIPU yang memiliki makna MACOA ( yang dituakan) BAWA ( menunjukan tempat) dan LIPU ( Bumi/Kampung).
Pada saat DATU ANA KAJI memiliki anak empat orang yaitu.
1.BAU KUNA dia di Wotu.
2.BAU JALA di Buton.
3.BAU LEKO di Palu
4.BAU CINA di Wara ( ware).
Disekitar abad ke 10 dalam perhitungan orang Wotu muncullah sistem pemerintahan adat baru yang mereka sebut MACOA BAWLIPU. dan dipimpin yang disebut MACOA dengan GELAR BAU. ( Gelar ini tidak melekat / permanen ) disandang hanya pada saat menyandang MACOA .walaupun sistem dan strukturnya masih tetap memakai struktur saat dipimpin PUA LAMPENAI atau PUA MACOA. MACOA BAWALIPU dimulai dari MACOA PERTAMA yaitu BAU KUNA.sampai sekarang yang tercatat adalah MACOA yang ke 61.
Adapun nama nama MACOA BAWALIPU sebagai berikut :
*NAMA – NAMA MACOA BAWALIPU*
Sumber : Arsip Macoa Bawalipu
*1. Bau Kuna Pua Lele i Wara*
Periode Tahun : 1030, Riwayat pembagian
kekuasaan Luwu antara Datu dengan Macoa
Bawalipu, bermula setelah BAU KUNA
menobatkan adik bungsunya bernama BAU CINA menjadi DATU LUWU di Tana Ware (di lelewaro yg juga disebut Ware II). Ketika itu BAU KUNA yg memiliki hak kesulungan (anak sulung) dan telah ditetapkan menjadi Macoa Bawalipu oleh para Ahli Waris pendiri kerajaan, dengan wilayah kekuasaan terletak dalam tetorial yang dinamakan Onto Luwu. Pemindahan Pusat Pemerintahan Luwu dari Wotu Ale Luwu ke Lelewawo adalah satu strategi untuk mengontrol jalur perdagangan di laut perairan sebelah tenggara Teluk Bone
*2. Bau Rakaisada*
*3. Bau Awali Pua Ra’a*
*4. Bau Akundu Tosulesana*
*5. Bau Asaeyyo Pua Mona* (Ber istri perempuan Pamona = Erumongi)
*6. Bau Amoga Pasa Pua Binano*
*7. Bau Akami Pua Lare*
*8. Bau Dala Akuna Pua Tawwa*
*9. Bau Akate Pua Bentua*
*10. Bau Amoga Mana Pua Palauru*
*11. Bau Sangka Malewa Pua Wawo Enre*
*12. Bau Saddakati Pua Ladussu*
*13. Bau Akani Pua Lakarae*
*14. Bau Londe Pua Baturanni*
*15. Bau Mona Pua Ondae*
*16. Bau Akupasa Pua Bentua*
*17. Bau Akaene Pua Isalassa*
*18. Bau Akaeyyo Pua Lampenai*
*19. Bau Sadda Pua Babbu*
*20. Bau Lamba Pua Babbu*
*21. Bau Tarea Pua Itana Bangkala*
*22. Bau Arinda Pua Murumpa Burau*
*23. Bau Aleru Pua Pangalawa*
*24. Bau Patinjala Pua Salenre*
*25. Bau Abata Pua Tampinna*
*26. Bau Saene Touddana*
*27. Bau Samudda Toranra*
Tahun Periode : Sekitar 1440 – 1583 M, Masa perpindahan Ibukota Kerajaan Luwu dari Kamanre ke Pao / Malangke
*28. Bau Amulla Pua Lemba Badidi*
Tahun Periode : Sekitar 1583 – 1604 M, Pada masa Datu ke 15 Luwu yaitu PATTIWARE DG. PAREBBUNG di Pao/Malangke, Tahun 1603 M, datanglah 3 orang Datok dari Minangkabau (Marakabo) utusan kesultanan Johor untuk menyebarkan Islam di pulau Sulawesi, ke 3 Datok tersebut adalah :
a. Abd. Khatib Sulaiman (bergelar Datok Ri Patimang)
b. Abd. Khatib Makmur (bergelar Datok Ri Bandang)
c. Abd. Khatib Bungsu (bergelar Datok Ri Tiro) Sedang keislaman LAPATTIWARE DG. PAREBBUNG di beri gelar Arab yaitu Sultan Muhammad Waliyu Musahiruddin, Misi penguatan Da’wah islam dilanjutkan oleh Macoa Bau Amulla Pua Lemba Badidi dan mendapatkan pertentangan oleh saudara kandungnya yang di beri gelar Pua Isumpi
*29. Bau Akami Pua Komimberu*
*30. Bau Kate Pua Komimberu*
*31. Bau Akuna Tobentua*
*32. Bau Asaku Kabose i Salu Ta’a*
*33. Bau Lauju Pua Irano (1665 – 1669)*
*34. Bau Karoro Pua Ilipu (1669 – 1673)*
*35. Bau Kundu Pua Lare (1673 – 1687)*
*36. Bau Angolo Pua Murumpa Buya Lemba (1687 – 1710)*
*37. Bau Atabba Pua Murumpa Jalajja (1710 – 1739)*
*38. Bau Aseyyo (1739 – 1761)*
*39. Bau Abae Pua Komimberu (1761 – 1782)*
*40. Bau Amboli Pua Ondae (1782 – 1796)*
*41. Bau Aweluwa Pua Kaeyyo (1796 – 1814)*
*42. Bau Laoto Pua Tabba (1814 – 1838)*
*43. Bau Akupasa Pua Ikopi (1838 – 1845) 44. Bau Akundu (1845 – 1866)*
*45. Bau Alamba Pua Mutola Tampajja (1866 – 1869)*
*46. Bau Asadda Toampada (1869 – 1892)*
*47. Bau Antuwu Towollo (1892 – 1907)*
*48. Bau Acenga Pua Siri (1907 – 1921)*
Tahun Periode : Sekitar 1907 – 1921 M, Penguatan gelar “BAU”, “TO”, dan “PUA” dan atas pemerintahan penjajah mempopulerkan gelaran “ANDI” dan “OPU” pada tahun 1920
*49. Bau Agia Mpise Ajena (1921 – 1923)*
*50. Bau Bangkolli Tohabiba (1923 – )*
Tahun Periode : Sekitar 1923 – M, Pemba- ngunan Masjid pertama secara permanen tahun 1925 Masehi, bertepatan masa pemerintahan Mincara Andi Pandangai Opu Dg. Tallesang, lokasi Masjid berhadapan dengan kayu malilue diareal benteng tua wotu
*51. Agallu Towaju*
*52. Amanau Tosetta*
*53. Kalimpo (1939 – 1946)*
Tahun Periode : Sekitar 1939 – 1946 M, Pemuda wotu telah membantai -/+ 40 orang mata-mata NICA (penduduk pribumi) yang dilakukan oleh pemuda diatas perahu Pinisi Makassar, peristiwa terjadi tanggal 31 Januari 1946 (tentara NICA
mendarat di wotu), peristiwa ini disebut Tanjung Berdarah (Tanjung Darah)
*54. Bau Towenna Pua Amana Bata (1946–1955)*
Tahun Periode : Sekitar 1946 – 1955 M, Prosesi pelantikan Datu Andi Jemma dilaksanakan di Tana Bangkala pada bulan Maret 1950
*55. Beddu Tomadina (1955 – 1958)*
*56. Haddade Tomadina (1958 – 1964)*
Tahun Periode : Sekitar 1958 – 1964 M, Penghancuran data-data tertulis tentang Wotu oleh penjajah di bulan Oktober 1958
*57. Bau Sainu Bahar (1964 – 1965)*
*58. H. Sabari Towaju (1965 – 1990)*
*59. Bau H. Abdullah Tobaji (1990 – 2006)*
*60. Bau Ishak Razak, SH. (2011 – 2016)*
*61. Bau M. Aras Abdi Tobaji Pua Sinri (2018 – Sekarang)*
Bagian 2.
Apakah di era Batara Guru sudah ada wilayah WOTU ?
Pertanyaan menarik ,terimah kasih sama OPU AArkan Ahmad atas pertanyaan yang berbobot ini .
Disini menariknya dan kadang kita tidak sadari sangat besar makna atas tanya OPU AArkan Ahmad .
Jadi awalnya WOTU itu bukan nama Kampung atau Wanua ataukah Nagari tetapi adalah penamaan SUKU atau ETNIS.
WOTU itu berasal dari kata FOTU atau rumpun keluarga WOTU dalam bahasa cinanya berarti Tanah yang subur .
Apakah WOTU dalam pemaknaan Masyarakat Hukum Adat punya wilayah jawabnya ada yaitu mulai dari sekitar Ussu, Tampina,lakawali,ongkona, Cerrea, Lepa2 balo Balo Burau , Bungadidi sampai di Minna. Wilayah juridiksi Ke Macoaan Bawalipu ini dari awal berdiri sampai sekarang tidak bertambah, itulah sebabnya simbol KEMACOAN BAWALIPU adalah PAYUNG SETENGAH TERBUKA ( lihat tugu Lalambate Tarantanjo) di Prapatan Wotu, berbeda dengan simbol Kesatuan LUWU yaitu PAYUNG TERBUKA LEBAR, jadi jika luas wilayah LUWU ( LUWO) adalah LUAS tidaklah mengherankan. Karena sesuai dengan kesepakatan awal PUA LAMPENAI ( setelah mendapat persetujuan dari Komunitas “Lu” lainnya,). dengan BATARA GURU ketika awal Luwu berdiri .
Pada awal Luwu berdiri oleh Batara Guru, waktu itu jumlah penduduk masih sangat kurang yaitu disekitar abad ke.IX Masehi, awal terjadi kawin mawin disini yaitu. Pengikut Batara Guru dan Pengikut PUA LAMPENAI ( PUA MACOA) pada saat itu belum ada masih langka etnis lain kecuali etnis Wotu,Pamona,Padoe,Tolaki,Bajoo, pemerintahan utama masih disekitar rumpun Batara Guru dan hasil kawin mawin .
Akan tetapi setelah adanya pemisahan Pemerintahan diawali dengan terbentuknya MACOA BAWALIPU yang pertama .khusus orang orang Wotu tidak bisa lagi masuk dalam struktur sistem pemerintahan Kesatuan Luwu .
Malah ada larangan kawin mawin dgn bangsawan Kesatuan Luwu dgn Kemacoaan Wotu, mereka berpijak dari pertemuan antara PUA LAMPENAI dan BATARA GURU.
Larangan ini di barengi dengan sanksi atau hukuman yang disebut “PALE PISUNA” yaitu hukuman menyebabkan hilang HAK WARIS .
Tetapi suatu hal yang sangat dijunjung oleh.Kemacoan Bawalipu di mulai sejak dari Pua.Lampenai sangat menghargai dan menghormati Kedatuan Luwu. Hal itu dulu dirasakan saat OPU DATU ANDI DJEMMA dan secara khusus Sang permaisuri beliau.sangat dekat dgn Kemacoaan Wotu. Dan juga tidak berkelebihan saya sempat nonton vidionya pada suatu acara YM OPU DATU ANDI MARADANG MAKKULAU dalam sambutannya menyatakan bahwa Wotu punya sejarah panjang beliau menyatakan Tanpa Wotu tidak ada Luwu beliau tentu melihat dari proses awal berdirinya Luwu.
Tulisan singkat ini semoga punya arti.
Pdang jese
Kamis 11.juli 2024
NSK .