Laporan: Yoga

Ampana, 50detik.com- Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna memilih membatalkan Festival Pesona Lipuku ditengah suasana Sulteng yakni Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) lagi berduka akibat gempa tsunami dan likuifaksi akhir September 2018.

Agenda wisata yang sedianya digelar tanggal 2 sampai 7 November 2018 di kota Ampana, akhirnya batal digelar.

‘’Pembatalan gelaran Festival Pesona Lipuku karena suasana Sulteng masih berkabung pasca gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala yang terjadi pada Jumat 28 September lalu,’’ tandas Kepala Dinas Pariwisata Pemda Touna Mario Dg Pawadjoi.

Diakui, keputusan Bupati Touna membatalkan Festival Pesona Lipuku merupakan langkah tepat yang patut diapresiasi, mengingat suasana Sulteng masih berkabung, terlebih lagi tak sedikit masyarakat Touna yang menjadi korban bencana gempa di Palu tersebut.

Untuk mengganti gelaran Festival Pesona Lipuku tersebut, katanya, Pemkab Touna, akan menggelar kegiatan keagamaan menjelang HUT Kabupaten Tojo Unauna  Desember mendatang, meliputi zikir bersama, tablik akbar dan lagu-lagu rohani oleh Ust Derry Sulaeman, yang dijadwalkan 10 Desember 2018.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here