Laporan : Rahmat Pratama

Donggala, 50detik.com–Donggala dan sekitarnya kembali diguncang  gempa,  Kamis, tanggal 08 Nopember 2018 pukul 18:35 WITA.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Cahyo Nugroho, SE, S.Si menungkapkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M = 3.6 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di Selat Makassar, 9 km arah utara Donggala (Kab. Donggala) pada koordinat 0.59 LS – 119.77 BT kedalaman 10 km, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Palu Koro.

Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala intensitas III-IV MMI di Toaya (Kab. Donggala), dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan; benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang ( III MMI) di Donggala; lemah-sedang ( II-III MMI) di Palu;

Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi dihimbau tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here