Donggala Kembali Diguncang Gempa

Laporan : Rahmat Pratama

Donggala, 50detik.com–Donggala dan sekitarnya kembali diguncang  gempa,  Kamis, tanggal 08 Nopember 2018 pukul 18:35 WITA.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Cahyo Nugroho, SE, S.Si menungkapkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M = 3.6 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di Selat Makassar, 9 km arah utara Donggala (Kab. Donggala) pada koordinat 0.59 LS – 119.77 BT kedalaman 10 km, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Palu Koro.

Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala intensitas III-IV MMI di Toaya (Kab. Donggala), dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan; benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang ( III MMI) di Donggala; lemah-sedang ( II-III MMI) di Palu;

Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi dihimbau tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.

 

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [281.81 KB]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.