Kepala Disdukcapil Kabupaten Pasangkayu, Musbar Lasibe

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Berbeda pelayanan dihari seblumnya. Kali ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pasangkayu terapkan pembatasan pelayan guna mencegah penularan covid-19. Bahkan pelayan dibuka dilakukan secara online melalaui watsApp.

Pembatasan pelayanan tersebut, berdasarkan surat edaran Direktural Jendral (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Didukcapil) terkait pembatasan pelayanan ditengah pandemi covid-19 guna mencegah penularan wabah virus mematikan itu.

Menurut Kepala Disdikducapil Pasangkayu, Musbar Lasibe yang ditemui di kantornya Rabu (28/4/2020) Pagi mengatakan, pelayanan sebelum covid-19 ini dilakukan sesui dengan standar. Namun dengan adanya pandemi covid-19 ini pelayanan dibatasi yaitu melalaui online whatsApp.

“Untuk pelayanan perekaman KTP-eL dihentikan sementara, karena bersentuhan langsung kepada masyarakat. Ini sesui surat edaran Dirjen Dukcapil ” Ungkap Musbar Lasibe kepada media

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mengindari kerumunan warga, Disdukcapil berinovasi membuka pelayanan melalaui whatsApp “Masyarakat yang ingin mengurus administari tidak usa langsung di kantor bisa mengirim foto-foto yang menjadi syarat administrasi dibutuhkan.

“Pelayanan saat ini masih terus berjalan. Tetapi hal-hal penting saja sifatnya krusial, seperti masyarakat yang mengurus BPJS karena  sakit keras, mendaftar polisi dan kuliah masih dilayanai namun memintah mereka tidak berkerumaun,” Katanya

Selain itu, masyarakat yang melakukan pelayanan yang tidak penting seperti perubahanan nama dalam KK dan akta kelahiran sebaiknya ditunda. Pelayanan  yang ada ini hanya yang sifat krusial. persoalan ini pun sebelumnya sudah dinformasikan ke pemerintah desa dan camat.

Musbar juga mengakui selama masa pandemi covid-19 ini, masyarakat yang melakukan pengurusan administrasi kepndudukan mengalami penurunan disbanding hari sebelum wabah virus mematikan ini mulai menyebar kewilayah Indonesia termasuk Pasangkayu.