Tampak bangunan Poskades Polewali dari luar pasca direndam banjir belum di bersihkan

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Akibat bangunan pondasi Pos Kesehatan Desa (Poskedes) rendah membuat Poskesdes Polewali itu sering terendam bajir ketika tiba musim  penghujan.

Mirisnya, Poskedes yang berada di Jalan Poros Trans Sulawesi Barat tepatnya di Desa Polewali, Kecamatan Pasangkayu, Propinsi Sulawesi Barat yang setiap harinya dilintasi itu belum mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Salah satu petugas kesehatan, bidan Evi Basima, Amd., Keb yang ditemui di Polkedes pada kamis (30/4/2020) pagi kepada media ini menerankan, kondisi banjir seperti ini bukan baru pertama  kali terjadi, disebutnya ini hampir tiap musim penghujan turun.

“Kalau tahun lalu banjir nanti desas hujan, tetapi tahun ini, biar hujan tidak deras juga bisa banjir ” Terangnya kepada media saat ditemui di Kantornya Poskedes Polewali

Menurutnya dalam sebulan ketika musim hujan turun Poskedes ini bisa terendam air  4 sampai 5 kali banjir. Akibatnya fasilitas kantor seperti timbangan termasuk kasur tempat tidur petugas kesehatan ikut terendam, karena air yang begitu cepat meluap dari drainase yang berada di depan kantor tersebut.

Parahnya, kondisi ini mulai sering terendam banjir sejak tahun 2013. Namun belum mendapat solusi. Meskipun kondisi bangunan itu, ketika terendam bajir sering diunggah para tenaga kesehatan ke media social facebook dengan harapan mendapat respon pemerintah.

Para tenaga medis bertugas disana berharap bangunan Poskedes itu bisa segera mendapatkan perhatian dari pemerintah  salah satunya memperbaikan secara total bangunan yang pondasinya itu sangat rendah sehingga ketika musim penghujan turun air tidak lagi meluap masuk ke Poskedes tersebut.