Daun Insulin Untuk Atasi Diabetes. Pelajari Cara Konsumsinya

Jakarta, 50detik.com — Daun insulin, atau Costus igneus, adalah tanaman obat yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit diabetes.

Dilansir halodoc.com dr. Fadhli Rizal Makarim daun insulin dianggap dapat membantu tubuh untuk memproduksi insulin dengan memperkuat sel beta pankreas dalam tubuh. Bahkan, tanaman ini juga dikenal sebagai “tanaman insulin” karena manfaatnya tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun insulin, pengidap diabetes perlu mengonsumsi dua daun di pagi hari dan dua daun lainnya di malam hari pada minggu pertama.

Saat memasuki minggu kedua, dosisnya hanya satu daun tiap pagi dan malam hari. Kebiasaan ini harus dilakukan selama 30 hari dan daun harus dikunyah dengan baik sebelum ditelan.

Daun akan menghasilkan sedikit air yang dipercaya mengandung asam Corosolic, tanaman insulin yang dapat memiliki efek positif pada kadar gula darah. Asam corosolic berguna dalam proses metabolisme glukosa layaknya insulin yang berguna untuk mengurangi kadar gula darah.

Zat tersebut dapat mengangkut glukosa ke dalam sel dan keluar dari aliran darah. Maka dari itu, daun ini kerap dianggap ampuh untuk pengidap diabetes.

Bubuk daun dari tanaman insulin ini telah terbukti efektif dalam mengendalikan kadar gula darah. Beberapa studi menunjukkan, apabila konsumsi daun insulin bersamaan dengan obat konvensional membantu untuk menurunkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi akibat diabetes. Disebutkan juga apabila setelah 15 hari mengonsumsi daun Costus igneus ini akan terjadi penurunan tajam terhadap kadar gula darah.

Meski begitu, daun insulin tidak benar-benar mengobati penyakit diabetes. Metode ini hanya dapat mencegah pengidap diabetes untuk tidak mengalami komplikasi berbahaya.

Cara mengonsumsi daun insulin, kebanyakan orang langsung mengunyah daun insulin setiap pagi dan malam hari guna menurunkan kadar gula darah. Namun, dapat juga mengolah daun ini terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, contohnya dengan mengeringkannya.

Setelah dikeringkan, daun dapat ditumbuk halus hingga menjadi bubuk. Setelah itu, bubuk tersebut ditakar secukupnya untuk satu gelas dan dilarutkan dengan air agar dapat diminum.

Sumber: halodoc.com
 

Pos terkait