perayaan HUT - PSR di lapangan Sintuwu Maroso Poso. Foto : Humas

POSO 50detik.com –  Untuk pertama  kalinya  gabungan  dari kaum hawa yang kemudian   menamakan kelompok  komunitasnya,  Perempuan Sintuwu Raya  (PSR). Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 1, berlangsung di lapangan Situwu Maroso Poso. Acara suka cita tersebut  telah di hadiri  langsung  bupati  Poso, dr. Verna GM Inkiriwang, dan ketua  TP-PKK Nurafni Baretha, istri  wakil  bupati  Poso, M. Yasin Mangun. S. Sos, termasuk sejumlah  pejabat dari  beberapa  instansi. Jumat, (12/11) 2021.

bupati Poso, dr. Verna GM Inkiriwang

Kegiatan   kelompok  perempuan ini menjadi  sangat ramai  dan mendapat perhatian banyak pihak  di sebabkan kreativitas  mereka dengan  berbagai kegiatan   sosial  berupa vaksinasi  covid  19,  berkolaborasi dengan  Dinas  Kesehatan, bahkan  menjadi motivator  pengembangan  UMKM,  kemudian terlibat  pula pada  pembagian sembako,  kepada  warga  yang sedang  menjalani  isolasi mandiri (isoman), termasuk  berpartisipasi  pada pembagian  masker  kepada  warga  masyarakat membutuhkan.

Pada sambutanya di acara  tersebut. Bupati perempuan pencetus Poso tangguh ini, secara  terbuka  menyampaikan  penghargaan dan apresiasinya  kepada  komunitas PSR  dan  berharap  agar organisasi  sosial  tersebut tetap  bersinergi  dengan pemerintah daerah  dalam mewujudkan kemajuan daerah  dan kesejahteraan bersama  masyarakat di wilayah  Sintuwu Maroso Poso.

dr. Verna GM Inkiriwang sambangi kelompok usaha UKM Poso/ Foto: Humas

“Jalin  silaturahmi dengan komunitas apapun, demi satu tekat  untuk  Kabupaten Poso yang maju, tangguh dan terdepan di Sulawesi Tengah,” Pesan  dr. Verna  GM inkiriwang  dengan penuh semangat.

Acara  HUT PSR ini telah di isi dengan berbagai  kegiatan   salah satunya  adalah  dengan menggelar  produk UMKM  hasil kreasi   dari   masyarakat yang melakukan  usaha  rumahan  atau Home industry di  berbagai wilayah.

“Kegiatan positif seperti ini  perlu di galakan  bahkan harus di tingkatkan lebih luas lagi, dengan menggandeng  ibu-ibu PKK, kemudian  berkolaborasi dan bersinergi dengan dinas  terkait,   sesuai bidang sedang di kerjakan,” Jelas  perempuan pemegang kursi  nomor  1 di kabupaten Poso ini.

Suasana  hari  itu  semakin  semarak  karena  diantara mereka ternyata turut  bergabung dengan  masyarakat umum para  istri  dari  satuan  kepolisian  (Bhayangkara) dan ibu-ibu  (Persit) yang merupakan  istri-istri TNI  dari satuan angkatan darat.

Penulis : Ferdinand Puahadi