Berkarya Melalui Media Batik, Ayo Ikuti Lomba Desain Batik Kencana

Palu, 50detik.com– Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai salah satu lembaga negara yang memiliki tugas peningkatan akses dan peluang terhadap penerimaan informasi serta sumber daya ekonomi melalui usaha mikro keluarga dengan wadah kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), yang mampu memberdayakan keluarga untuk dapat mandiri dalam berbagai usaha, salah satunya memproduksi batik.

Batik Indonesia telah dikenal luas oleh masyarakat dunia, batik menjadi warisan nusantara yang unik dan beragam karena setiap daerah memiliki ragam motif yang berbeda. Peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia tersebut bahkan sudah dinobatkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tanggal 2 Oktober 2009 yang diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Untuk mengembangkan usaha kerajinan batik oleh kelompok UPPKS, BKKBN bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat BKKBN mengadakan Lomba Desain Batik Kencana dengan menggunakan Logo baru BKKBN yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) menyampaikan bahwa “Lomba Desain Batik Kencana ini merupakan sebagai bagian dari proses Rebranding logo baru untuk identitas Instansi melalui media batik dan juga menjadi media promosi brand dan image baru BKKBN yaitu Menuju Cara Baru Untuk Generasi Baru. Hal tersebut sangat diharapkan agar seluruh anggota keluarga sebagai modal pembangunan mulai dari balita hingga lansia dapat terpapar Program Bangga Kencana, sehingga Indonesia maju dan berkualitas dapat terwujud” terangnya.

Apalagi Indonesia saat ini sedang menerapkan physical distancing sebagai dampak dari Covid-19 yang mengharuskan kita untuk bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah dengan waktu yang cukup lama. Lomba ini salah satunya dimaksudkan agar kita tetap bisa menjaga kesehatan batin (mental) di tengah kepanikan dan menghilangkan kejenuhan dikala harus berdiam di rumah sekaligus bisa meraih hadiah.

Hadiah bagi Juara I sebesar Rp. 25.000.000, Juara II sebesar Rp.15.000.000 dan Juara III sebesar Rp. 10.000.000.
Info selengkapnya dapat dilihat melalui Wesbite BKKBN www.bkkbn.go.id.

SUMBER: HUMAS BKKBN SULTENG

Pos terkait