Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-Untuk menjaga ketahanan pangan akibat dampak virus Corona di desanya, akhirnya Afandi Kay, Kades Bolonan Kecamatan Totikum, Bangkep mengeluarkan kebijakan membagikan sekitar satu ton beras kepada 100 kepala keluarga.

Untuk menalangi pembiayaannya, Afandi Kay menyiasatinya dengan menyisihkan hasil Pendapatan Asli Desa (PADes). Namun Kades, tidak gegabah dalam mengeluarkan kebijakan, sebelumnya program itu telah disetujui oleh perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat dan pemuka agama dalam rapat desa beberapa waktu lalu.

Afandi Kay dalam penjelasannya mengatakan, pembagian beras dimaksud telah dilakukan hari ini Jum’at (10/4/2020).
Lanjut dia katakan, pembagian beras gratis itu, adalah merupakan upaya Pemdes Bolonan dalam mempertahankan ketahanan pangan setelah terdampak dari penyebaran virus Corona.

“Ancaman pandemi Corona ini berdampak pada kenaikan harga beras. Untuk membantu perekonomian masyarakat, kami bersepakat untuk melakukan pembagian beras gratis kepada masyarakat,” katanya.

Warga yang kebagian 20 liter beras per kepala keluarga itu, sesuai dengan data base, dan telah dirilis sebelumnya siapa saja warga yang berhak menerima bantuan di wilayah itu.***