Atlet atletik Sulteng, Noveldi Petingko (kiri) meraih juara kedua pada Kejuaraan Atletik Papua Open 2020.

Laporan: Andi Amal

Palu, 50detik.com- Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah memastikan dua atletnya untuk tampil di perhelatan olahraga terbesar tingkat nasional, PON XX 2020 di Papua.

Kepastian lolosnya dua atlet atletik Sulteng tersebut menyusul keluarnya Surat Keputusan (SK) Pengurus Besar (PB) PASI tentang Hasil Babak Kualifikasi dan Ketentuan Peserta Atletik PON XX Tahun 2020 Papua.

Dalam lampiran SK PB PBASI bernomor; 04/SK/PB PASI/III/2020 tertanggal 6 Maret 2020 dan ditandatangani Sekretaris Umum, Tigor M Tanjung tersebut, ada dua atlet PASI Sulteng yang masuk daftar atlet lolos kualifikasi PON XX 2020 Papua.

Kedua atlet tersebut adalah Supriadin dan Noveldi Petingko. Supriadin lolos di nomor sprint 100 m putra dengan catatan waktu 10.71 detik, sedangkan Noveldi lolos di nomor 10.000 m putra dengan catatan waktu terbaik 32’47,41 menit.

‘’Keduanya (Supriadin dan Noveldi) lolos setelah berhasil menembus limit waktu untuk tampil di PON XX 2020 Papua. Dalam SK PB PASI di atas menyebutkan kalau Supriadin lolos pada babak prakualifikasi Kejuaraan Atletik Papua Open 27-29 Februari 2020 lalu. Sedangkan Noveldi lolos melalui ajang Kejurnas Remaja di Jateng Open pada 1 Juli 2019 lalu,’’ kata Ketua Harian Pengprov PASI Sulteng, Muhammad Warsita, SPd, MM kepada 50detik.com.

Ketua Harian Pengprov PASI Sulteng, Muhammad Warsita

Menurut Warsita, cabang olahraga atletik berbeda dengan cabang olahraga lain. Di cabang atletik, babak prakualifikasi itu dilaksanakan melalui beberapa kejuaraan.
‘’Babak prakualifikasi kita melalui beberapa rangkaian kejuaraan. Jika belum lolos pada iven sebelumnya, masih ada kesempatan untuk memperbaiki catatan waktu pada iven selanjutnya, sampai menembus limit waktu untuk tampil di PON,’’jelas Warsita.

‘’Ya kita bersyukur, dari rangkaian kejuaraan yang kita ikuti selama ini, berhasil meloloskan dua atlet,’’ jelasnya.