Antisipasi Gelombang Wisatawan saat Libur Waisak, Polda Jabar Imbau Masyarakat Disiplin Prokes

Bandung, 50detik.com– Kepolisian Daerah Jawa Barat mengantisipasi potensi gelombang masyarakat yang akan bepergian ke sejumlah tempat wisata di Jawa Barat pada saat libur panjang bertepatan dengan Hari Raya Waisak pada pertengahan Mei 2022 ini.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Ibrahim Tompo menjelaskan libur panjang ini wisatawan diprediksi masih banyak karena dampak pelonggaran mobilitas sejak libur Lebaran 2022.

“Kita antisipasi, karena spiritnya masyarakat masih seperti lebaran setelah dua tahun tidak diberi kelonggaran, jadi tempat wisata juga kita antisipasi,” terang Kombes Pol. Ibrahim Tompo

Meski sudah longgar, menurut Perwira Menengah Polda Jabar pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Sehingga kata dia, protokol kesehatan masih perlu diterapkan masyarakat ketika bepergian, termasuk ketika di lokasi wisata

Jajaran personel kepolisian pun bakal tetap mengecek ketaatan pengelola tempat wisata dalam menerapkan protokol kesehatan, hingga menerapkan batas kapasitas pengunjung.

“Kami berkoordinasi untuk tetap berlakukan protokol kesehatan, untuk pembatasan karena memang saat ini khususnya wilayah Bandung masih PPKM Level 2, kapasitasnya disesuaikan dengan Level 2,” tutur Lulusan Akabri tahun 1993.

Di samping itu, mobilitas wisatawan di perkotaan juga menjadi hal yang diantisipasi. Karena, kata dia, pusat perbelanjaan atau mal juga berpotensi dipadati pengunjung.

Polda Jabar juga akan meningkatkan antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pada saat libur panjang Waisak tersebut dengan menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) sebagai pengganti Operasi Ketupat 2022.

Sumber: Humas Mabes Polri
Tribratanews.polri.go.id

Pos terkait