Gambar: Aliansi Pemuda Sulbar Gelar Aksi Solidaritas Di Depan Polres Matra

Laporan: Darmawan

Pasankayu,50detik.com- Puluhan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Sulbar menggelar aksi solidaritas di Polres Mamuju Utara. Mereka meminta pihak kepolisian menegakkan keadilan terhadap korban Yus Yunus. Senin (02/03/2020)

Koordinator lapangan Sultan Hasanuddin dalam orasinya mengutuk keras atas insiden penganiayaan yang terjadi di Papua menyebkan salah satu warga Sulbar Yus Yunus meninggal du nia.   Selain itu, mereka juga meminta kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas dan mengadili para pelaku secara transparan.

“Hal ini seharusnya tidak terjadi kepada saudara kita Yus Yunus. Kita ketahui bersama, di Papua juga merupakan negara hukum di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)” Ujar Sultan dalam orasinya di depan kepolisian.

Semenatara itu, Kapolres Mamuju Utara Akbp Leo H.Siagian S.I.K,M.Sc menerima Aliansi Pemuda Sulbar diluar pagar Mako Polres Matra. Didepan massa aksi.  Akbp Leo H. Siagian S.I.K,M.Sc mengatakan, atas nama kepolisian Polres Matra dan jajaran mengucapkan turut berduka cita atas insiden yang menewaskan Almarhum Yus Yunus.

“Kami mendukung penegakan hukum yang berkeadilan dan menghimbau untuk mendukung proses penegakan hukum yang dilakukan oleh Polda Papua dan memberikan kepercayaan kepada kepolisian untuk bekerja profesional dan mengedepankan rasa keadilan karena itu memang tugas Polisi,” Ungkapnya.

Akbp Leo meminta kepada Aliansi Pemuda Sulbar yang melaksanakan aksi solidaritas dalam keadaan tertib, termasuk ketika melanjutkan aksinya menuju Kantor DPRD Pasangkayu untuk menyampaikan orasinya.

Diketahui aksi ini sendiri berangkat dari bundararan melakukan orasi bergantian menuju Polres Matra dan kemudian lanjut Kantor DPRD Pasangkayu dengan membawa tuntutan yang sama yaitu menuntut keadilan terhadap Yus Yunus.