Workshop 1001 Cara Bicara Orang Tua dengan Remaja di Banggai Kepulauan

Palu, 50detik.com–Pada fase remaja tidak jarang orangtua mengalami tantangan dalam berkomunikasi dengan anak-anaknya. Akibatnya komunikasi menjadi terhambat. Padahal melalui komunikasilah anak banyak belajar dari orangtuanya. Komunikasi bagaikan jarum yang merajut benang hubungan orangtua dan anak sehingga terjalin ikatan yang erat. Tanpa adanya komunikasi yang baik antar orangtua dan anak mustahil dapat tercipta sebuah hubungan yang positif. Lebih jauh lagi, maka orangtua tak dapat menjalankan peran pengasuhan maupun pendidikan bagi anaknya.

Sehubungan dengan hal tersebut maka Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi tengah mengadakan “Workshop Parenting 1001 Cara Bicara Orangtua dengan remaja bagi Kelompok & Kader BKR di Kabupaten Banggai Kepualauan” dengan menghadirkan narasumber dari yaitu Kepala Dinas DP3AP2KB Kab. Bangkep dr Silveria Oktaviana Bailia, MM, Sub Koordinator BKR Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah Latifah A.Djibran, S.E.,MM., Widyaisawara Perwakilan BKKBN Sulteng Annidhama S.Sos. dan Forum Genre Sulawesi Tengah. Dalam sambutannya Kepala Dinas DP3AP2KB Kab. Bangkep, berharap di dalam workshop ini tidak hanya melatih bagaimana kader BKR untuk bisa memberikan pemahaman kepada orang tua agar mampu berbicara dengan baik tetapi tak kalah penting adalah kemampuan mendengarkan.

“Remaja itu tidak hanya perlu untuk di beri arahan tetapi juga perlu didengarkan. Disini peran orang tua menjadi sangat penting, selain itu remaja perlu juga rekan sebaya yang tepat agar dapat menerima masukan dan informasi yang tepat di lingkungan pergaulannya,” terangnya.

Peserta terdiri dari para Remaja di setiap Sekolah di Kabupaten Bangkep. Kegiatan ini didahului dengan sambutan dari Kepala Dinas DP3AP2KB Kab. Bangkep dr Silveria Oktaviana Bailia, MM, Beliau menjelaskan mengenai maksud dan tujuan kegiatan Workshop ini serta pentingnya mengenali cara berkomunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Pola Komunikasi dan Pengasuhan Pada Remaja.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada orang tua khususnya Kader Bina Ketahanan Remaja tentang 1001 Cara Bicara Orang tua dan remaja agar orang tua mampu berkomunikasi secara efektif dan membantu orangtua membangun hubungan demi menjalankan peran pendidiknya, sehingga mudah berkomunikasi dengan anak remajanya.

Sumber: humas bkkbn sulteng

Pos terkait